Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat menerima Anugerah Parahita Ekapraya Tahun 2023 untuk kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Adapun Parahita Ekapraya diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dan kabupaten/kota sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran pimpinan dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam berbagai bidang pembangunan.

"Alhamdulillah, Jakarta Barat mendapatkan penghargaan dari Kementerian PPPA terkait masalah Pengarusutamaan Gender (PUG)," ujar Wali Kota Jakarta Barat Uus Kuswanto dalam keterangan tertulisnya pada Rabu.

Uus menuturkan, Pemerintah Kota Jakarta Barat (Jakbar) selalu berupaya mengutamakan kesetaraan gender dalam bidang pembangunan dan kegiatan lainnya.

"Tentunya itu disesuaikan dengan kapasitas dan kapabilitas dari teman-teman yang ada di lingkungan Pemkot Jakbar," katanya.

Baca juga: Kemen-PPPA apresiasi langkah Polres Jakut dalam kasus anak dibanting
Baca juga: KPPPA berikan Anugerah Parahita Ekapraya untuk 13 kementerian/lembaga


Penghargaan yang diberikan Kementerian PPPA pada Selasa (19/12) tersebut, kata Uus, mengalami peningkatan, tepatnya naik dua tingkat, yakni dari kategori Pratama menjadi Nindya.

"Sudah barang tentu kita sudah mengutamakan dan mengacu pada kebijakan Pemprov DKI Jakarta, bahwa setiap aktivitas dan kegiatan pembangunan selalu mengutamakan masalah gender," kata Uus.

Adapun penganugerahan Parahita Ekapraya didasarkan atas hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG Tahun 2022 yang telah disampaikan oleh kementerian/lembaga, pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

Pada tahun 2023, terdapat 360 Instansi (16 kementerian/lembaga, 28 provinsi dan 316 kabupaten/kota) yang telah melaporkan hasil Evaluasi Penyelenggaraan PUG melalui evaluasi mandiri.

Dari hasil evaluasi mandiri dilakukan verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan (melalui sampling), kemudian dilakukan verifikasi akhir. Hasil verifikasi akhir terdapat 12 kementerian/lembaga, 25 provinsi dan 237 kabupaten/kota yang menerima Parahita Ekapraya Tahun 2023.

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023