Integritas, etos kerja, dan gotong royong, merupakan tiga nilai utama yang mesti senantiasa dihidupkan dan ditransmisikan dalam praktik keseharian individu, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengajak seluruh komponen bangsa untuk menghimpun kekuatan dan kemandirian dengan memegang teguh nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong, melalui gerakan revolusi mental.

Pernyataan itu disampaikan Wapres Ma'ruf Amin saat agenda penyerahan Anugerah Revolusi Mental 2023 di Istana Wapres, Jakarta, Rabu.

"Integritas, etos kerja, dan gotong royong, merupakan tiga nilai utama yang mesti senantiasa dihidupkan dan ditransmisikan dalam praktik keseharian individu, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam acara yang diikuti secara daring.

Ia mengatakan Indonesia memiliki rekam jejak yang baik dan bekal yang kuat dalam merawat persatuan dan kesatuan di tengah kebinekaan bangsa sebagai pilar penyangga nilai luhur Pancasila yang mengakar kuat dalam kehidupan masyarakat.

Baca juga: Wapres: Gerakan Revolusi Mental mengubah cara kerja orang Indonesia

Nilai-nilai luhur Pancasila tersebut, sambung Wapres, harus menjelma nyata dalam sikap mental yang tangguh dan laku hidup yang lurus seluruh Bangsa Indonesia.

“Dengan demikian Indonesia akan sanggup berdiri tegak dalam kemandirian serta bertumbuh menjadi bangsa yang maju, berdaulat, dan bermartabat,” katanya.

Wapres Ma'ruf Amin juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk menangkis berbagai paham baru yang berpotensi mengusik persatuan dan kesatuan, terlebih yang menggerogoti budi pekerti, etika, dan moral bangsa.

Kemudian Wapres juga mendorong kolaborasi seluruh pihak dalam upaya pemecahan masalah bangsa, termasuk dalam menciptakan karya yang bermanfaat bagi kemajuan bangsa.

Baca juga: Wapres usulkan paduan revolusi mental dengan mata ajar moral Pancasila

“Terus bangun kesiapan dan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) agar mampu menavigasi perubahan zaman dan memenangkan persaingan global,” ujarnya.

Di samping itu, lanjut Wapres, penanaman nilai-nilai luhur sejak dini kepada generasi penerus bangsa harus terus dilakukan agar tumbuh pribadi-pribadi yang bermental baja, berintegritas tinggi, dan berakhlak mulia.

“Generasi yang mampu mencegah dan menghindari perilaku-perilaku curang dan koruptif,” ujarnya.

Terakhir, kepada segenap aparatur negara, Wapres berpesan agar senantiasa menunaikan pengabdian kepada masyarakat dengan integritas tinggi, layaknya pengabdian para pejuang bangsa terdahulu kepada negara.

“Terapkan nilai-nilai integritas, etos kerja, dan gotong royong, menjadi basis perilaku penyelenggara negara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” kata Wapres Ma'ruf Amin.

Baca juga: Ma'ruf Amin: Banyak orang terjebak mental pencitraan
 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023