Jakarta (ANTARA) - Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) optimistis dukungan yang diberikan oleh mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, dapat memperkuat perolehan suara di Indonesia bagian timur.

"Karena beliau tokoh Bugis, tokoh Makassar, kami berharap juga arah dukungan Indonesia timur, khususnya dari Makassar ke timur akan makin solid ke AMIN," kata Juru Bicara Timnas AMIN, Billy David, di Jakarta, Rabu.

Baca juga: JK nyatakan dukungan ke Anies-Muhaimin

Ia menyampaikan sosok JK memberikan dampak elektoral yang cukup besar, dikarenakan wakil presiden ke-10 dan ke-12 tersebut merupakan tokoh pergerakan yang dapat mempengaruhi keputusan pemilih atau tokoh-tokoh lain untuk mendukung pasangan AMIN.

"Kami bersyukur Pak JK sudah berani dan terbuka menyuarakan dukungan ke kami, dan harapannya juga ke depan banyak tokoh-tokoh lain yang menyuarakan dukungan untuk AMIN," kata dia.

Baca juga: NasDem: JK tambah kekuatan dukung Anies-Muhaimin

Ia mengatakan, hubungan Anies dan JK sudah terjalin cukup lama, bahkan kedua tokoh tersebut sering bertemu dan berdiskusi saat Anies menjabat sebagai Rektor di Universitas Paramadina.

"Dari 2013 itu kan Kantor PMI dan Paramadina berdampingan, dan yang diceritakan Pak JK mereka sering makan siang bersama, Jumatan bersama itu memang benar," ujarnya.

Baca juga: Timnas AMIN klaim dapatkan dukungan dari alumni Cipayung Plus

Komisi Pemilihan Umum pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu eksekutif 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023