Kita berharap ada peningkatan
Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi B DPRD DKI Ismail mendukung acara Jakarnaval sebagai momen untuk meningkatkan ekonomi, khususnya pendapatan daerah DKI Jakarta saat perayaan Tahun Baru 2024.

"Kita berharap ada peningkatan dari segi kualitas kegiatan maupun peserta yang terlibat sehingga diharapkan peningkatan dari sisi perekonomian bagi DKI Jakarta," kata Ismail kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Ismail menuturkan acara ini bersamaan dengan adanya liburan panjang akhir tahun sehingga Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI diharapkan mampu memanfaatkan momen itu untuk mendongkrak perekonomian.

Terlebih, menurut dia, momen ini sudah menjadi strategi rutin dari Pemerintah Provinsi DKI untuk mempersiapkan malam Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca juga: Jakarnaval digelar di JIEC Ancol untuk gaet ribuan pengunjung

Maka dari itu, dia berharap agar sektor pariwisata yang dibina Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI bisa membagikan promo atau kegiatan menarik lainnya untuk meningkatkan jumlah pengunjung di Jakarnaval.

"Strategi ini dibuktikan dengan kesiapan dari sektor-sektor pariwisata yang sudah menyediakan promo dan sebagainya di bawah koordinasi Parekraf DKI," jelasnya.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan serangkaian kegiatan untuk memeriahkan momen Tahun Baru 2024 di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dan kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Jakarnaval di Kawasan Monas dan MH Thamrin, Malam Muda Mudi dan perayaan tahun baru di sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta Andhika Permata saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Pemprov DKI evaluasi pelaksanaan Jakarnaval agar lebih baik

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menerapkan kebijakan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) pada malam tahun baru atau car free night di kawasan Sudirman -Thamrin.

"Tanggal 31 akan dilaksanakan 'car free night' di Sudirman - Thamrin mulai pukul 19.00 WIB," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo di Polda Metro Jaya, Senin.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Andhika Permata saat itu menyebutkan untuk anggaran yang diperlukan dalam acara Jakarnaval 2022 saja mencapai Rp5,4 miliar.

Kemudian, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memproyeksikan, perputaran uang  selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 bisa mencapai Rp80,25 triliun.

"Jika kita asumsikan seperti pada mudik Idul Fitri yang lalu membawa rata-rata Rp3 juta per keluarga maka potensi perputaran uang selama libur Natal dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai Rp80,25 triliun," kata Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Pengembangan Otonomi Daerah Sarman Simanjorang. 
 

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023