Jakarta (ANTARA News) - Partai Demokrat memilih mantan Menteri Agama Maftuh Basyuni sebagai ketua Komite Konvensi yang akan menetapkan calon presiden dari partai ini pada Pemilihan Umum 2014.

"Dia independen, mantan menteri agama. Dia netral. Biar transparan dan fair," kata Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan di Kantor Presiden, Jakarta, Senin.

Ia mengatakan alasan memilih orang luar Demokrat adalah demi menjaga netralitas konvensi.

Menurut Syarif, ada 17 hingga 18 tokoh yang akan tergabung dalam komite konvensi. "Komposisinya dari kader dan orang luar. Lebih independen lebih daripada asal internal Partai Demokrat," katanya.

Sejumlah nama lain yang disebut Syarif, antara lain inca Panjaitan, Andi Timo Pangerang, Effendi Ghozali, dan Indrawati Sukadis.

Mengenai peserta konvensi, Syarif menjelaskan Demokrat masih dalam proses menjaring nama-nama yang dianggap potensial di masa depan, khususnya untuk menjadi calon presiden.

"Belum resmi diundang, baru dijaring...paling banyak 12 orang," katanya,

Dia menjelaskan konvensi tidak akan menggunakan babak eliminasi sehingga seluruh peserta akan terus maju sampai akhir dan kemudian ditentukan berdasarkan elektabilitas.

"Mei 2014 nanti sudah ada hasilnya dan diumumkan," demikian Syarif.

Pewarta: GNC Aryani
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013