Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Arsjad Rasjid mengatakan bahwa pihaknya percaya dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dalam menyelenggarakan debat kedua yang akan diikuti tiga calon wakil presiden.

Hal itu disampaikan Arsjad untuk menanggapi kekhawatiran masyarakat terhadap kemungkinan peserta Pilpres 2024 membawa sontekan di podium debat.

"Ya kami serahkan itu semua kepada KPU ya. Jadi intinya adalah kami percaya bahwa KPU itu akan selalu netral," kata Arsjad di Gedung High End, Jakarta, Rabu.

Arsjad mengaku TPN selalu berpikiran positif. Selain itu, pasangan nomor urut 3 Ganjar-Mahfud siap mengikuti debat yang diadakan KPU RI.

"Kami percaya bahwa yang diberikan itu adalah yang terbaik. Jadi kami akan ikut apa yang sudah KPU siapkan. Jadi kami selalu positif dan pemikirannya demikian. Dengan demikian, Pak Mahfud dan Mas Ganjar intinya apa pun yang sudah (disiapkan) oleh KPU, mereka akan ikuti dan kita lihat nanti," ujarnya.

Sementara itu, ia mengajak masyarakat Indonesia untuk dapat menyaksikan debat kedua yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (22/12).

"Jadi nanti nonton makanya tanggal 22 kan, hari Jumat ini. Jangan lupa pada nonton biar tahu gagasannya, programnya, kan jelas karena masalah ekonomi kan, jadi bisa mendengarkan," kata Arsjad.

Baca juga: KPU siapkan podium untuk kandidat pada debat cawapres
Baca juga: Gibran ajukan cuti jelang debat capres-cawapres


Sebelumnya pada Senin (18/12), KPU menyetujui hasil masukan dari tim sukses masing-masing capres-cawapres untuk menyediakan podium bagi kandidat pada rangkaian debat Pilpres mendatang.

“Catatan kemarin atau evaluasi sudah kita sepakati bersama, diantaranya semua tim paslon mengajukan usulan bahwa di dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana sebagai sarana untuk tampil," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Kantor KPU RI, Jakarta, Senin (18/12).

Karena itu, penambahan podium ini menjadi salah satu hal yang membedakan debat cawapres dari debat sebelumnya.

Sementara itu untuk mekanisme debat, Hasyim mengatakan masih menggunakan format yang sama dengan debat pertama yang mempertemukan antarcapres pada Selasa 12 Desember.

KPU pada Senin 13 Desember 2023 menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024. Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antarcapres pada Selasa (12/12), KPU akan menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga: Jubir Timnas AMIN menilai debat cawapres akan lebih disorot publik
Baca juga: Jelang debat Cawapres, Mahfud santai main tebak-tebakan nama-nama ikan

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023