Urumqi (ANTARA) - Fasilitas penyimpanan gas terbesar di China, Hutubi,  pada Sabtu (16/12) mengekstraksi rekor gas alam terbanyak harian dengan 38 juta meter kubik gas alam, sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan produksi gas alam guna mengatasi gelombang dingin yang kuat di negara itu.

Volume produksi tersebut lima juta meter kubik lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan naik 28 juta meter kubik dibandingkan jumlah yang diekstraksi sebelum gelombang dingin.

Terletak di Daerah Otonom Uighur Xinjiang, China barat laut, fasilitas penyimpanan gas alam Hutubi memainkan peran penting dalam menyediakan gas alam bagi Xinjiang bagian utara serta kota-kota di sepanjang Jalur Pipa Gas Barat-ke-Timur di China.

Fasilitas tersebut mengumpulkan 2,97 miliar meter kubik gas alam pada musim panas ini, naik 60 juta meter kubik dibandingkan tahun lalu, guna memenuhi kebutuhan pemanas rumah di musim dingin, ungkap divisi penyimpanan gas alam di PetroChina, produsen minyak dan gas alam China.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023