Jakarta (ANTARA) - Kelompok musik Rangkai yang beranggotakan Mirza (gitar) dan Rai (contrabas) dan Bimo (vokal, gamelan Jawa) segera menghadiahkan sebuah single terbaru berjudul "Puan, Kau Beri Nyawa" yang teristimewa untuk para ibu pada perayaan Hari Ibu tanggal 22 Desember.

Berbeda dengan single kebanyakan musisi, format peluncuran single yang Rangkai tawarkan adalah double-single yaitu versi asli berupa trio akustik organik yang memainkan komposisi musik dilengkapi lirik dan versi instrumental yang menjadi soundtrack film pendek "Noken, Rahim Ibu" karya sutradara Dodid Wijanarko.

Masih dalam kerangka menyusun album penuh perdana Rangkai, single "Puan, Kau Beri Nyawa" yang menyusul "Seperti Rindu dan Mesra Tanpa Kata", akan tersedia di seluruh layanan platform digital. Para personel Rangkai berharap single ini mereka disukai sejak melodi pertama dan frekuensinya menyentuh telinga para pendengar.

Baca juga: Dul Jaelani dan band-nya rilis single baru “Penyihir”

”Buatku, ini pengalaman imersif luar biasa karena aku adalah bapak pemula yang baru punya satu anak. Saat istri aku melahirkan, muncul rasa yang nggak ada duanya bagiku. Semua rasa bercampur aduk saat melihat istri begitu tangguh berjuang melahirkan anak kami, di situ pula aku terlintas tentang ibu yang melahirkan aku," tutur Bimo dalam keterangan tertulis, Rabu.

Bimo melanjutkan bahwa proses persalinan perempuan merupakan satu peristiwa yang memiliki banyak arti bagi dirinya. Momentum tersebut merupakan penggadaian nyawa seorang ibu untuk anak kandungnya, ungkap Bimo yang menggubah lirik "Puan, Kau Beri Nyawa".

Bagi Rangkai, single "Puan, Kau Beri Nyawa" sedikitnya memiliki tiga derajat makna yaitu tentang ibu yang mengandung dan memberi ruang hingga jabang bayi benar-benar bernyawa dan bertumbuh di dalam tubuhnya; peristiwa seorang ibu yang tanpa sadar menggadaikan nyawanya saat melahirkan; serta mengenai seorang suami sekaligus anak dari seorang ibu yang seketika diberikan semangat dan motivasi lebih untuk menjadi lebih baik dan giat dalam hidup, seolah diberikan satu nyawa lagi untuk menghadapi kerasnya dunia.

Pada single "Puan, Kau Beri Nyawa", Rangkai dibantu oleh vokalis SORE Ade Paloh (vokal duet) sekaligus produser dan pengarah artistik. Single ini dikerjakan di Lontar Studio, dengan operator Edi Kusnadi dan melalui tahap mixing-mastering oleh Nur Fitrah Hidayat di Lokale Satin Studio. Sektor artwork dikerjakan oleh Khalid Albakaziy dengan Abdullah Yusro selaku eksekutif produser dari Setengah Lima Records.

Baca juga: Janita Gabriela ajak pendengar cintai diri sendiri lewat single baru

Baca juga: Danilla kembali sendu dalam single "Sarwa"

Baca juga: Solois Buzar rilis single baru bertajuk "Violet"

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023