Saya berharap para pemangku kepentingan dapat memanfaatkan penyelenggaraan ini sebaik-baiknya dengan menjadi peserta, sehingga nantinya masyarakat akan mengerti sejauh mana keberhasilan pembangunan selama ini,"
Samarinda (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur akan menggelar pameran pembangunan bertajuk Kaltim Expo 2013 di Hotel Atlet Sempaja Kompleks Stadion Sempaja Samarinda, 19 - 23 Agustus 2013. 

Kepala Badan Perizinan dan Penanaman Modal Daerah (BPPMD) Kaltim Diddy Rusdiansyah di Samarinda, Senin, mengatakan, kegiatan tahunan ini merupakan rangkaian acara untuk memeriahkan HUT ke-68 Kemerdekaan RI.

Kaltim Expo merupakan kegiatan strategis sebagai sarana promosi daerah, perusahaan swasta dan usaha kecil menengah (UKM). Kaltim Expo akan menampilkan semua informasi hasil pembangunan lima tahun terakhir, baik pembangunan fisik maupun non-fisik.

"Saya berharap para pemangku kepentingan dapat memanfaatkan penyelenggaraan ini sebaik-baiknya dengan menjadi peserta, sehingga nantinya masyarakat akan mengerti sejauh mana keberhasilan pembangunan selama ini," katanya.

Diddy menjelaskan, masyarakat dapat memperoleh informasi lebih lengkap dari penyelenggaraan Kaltim Expo tahun ini sebab informasi pembangunan yang disajikan akan lebih lengkap karena merupakan rangkuman dari proses pembangunan yang dilakukan seluruh satuan kerja perangkat daerah dalam waktu lima tahun terakhir atau dalam rentang RPJMD 2008 - 2013.

"Selain informasi pembangunan yang akan disajikan, panitia juga menyiapkan stan promosi tentang potensi dan peluang bidang infrastruktur, energi, batu bara, industri dan perdagangan, pertanian dalam arti luas dan kehutanan. Sektor lain seperti produk-produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan skala besar, menegah dan kecil juga akan disajikan di sini," kata Diddy.

Kaltim Expo rencananya akan dibuka Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak pada 19 Agustus malam. Selama pelaksanaan Kaltim Expo panitia juga menyiapkan berbagai kegiatan di antaranya panggung hiburan, lomba fashian show, parade band, arena bermain dan lomba kuliner tradisional nasi kuning.

Sementara Manager Marketing PT ADW Bersaudara Astrid yang merupakan mitra pemprov dalam menyelenggarakan acara tersebut menjelaskan, sembari melihat stan demi stan, pengunjung dapat menikmati hiburan, sekaligus berbelanja produk berkualitas dengan harga terjangkau.

"Panitia juga akan menyediakan hiburan artis ibu kota salah satunya penyanyi ternama, Betharia Sonata. Sedangkan penutupan akan diisi penyerahan penghargaan pemenang berbagai lomba, termasuk penampilan artis ibukota dan gitaris Padi Piyu," kata Astrid.

Kaltim Expo 2013 menyediakan 170 stan pameran. Pesertanya dari semua SKPD lingkup Kaltim, dan kabupaten/kota, BUMN/BUMD, usaha binaan koperasi, industri dan pengrajin, lembaga pendidikan dan keterampilan, perbankan, perusahaan multi produk, informasi dan telekomunikasi.

Sebanyak 106 stan berada di dalam hotel atlet dan sisanya 64 stan dengan tenda rooder berada di luar hotel. Promosi outomotif, kuliner dan UMKM akan berada di area luar sehingga akan menjadi kawasan pertama yang akan disaksikan para pengunjung.

"Masih tersisa sekitar 27 stan yang bisa diisi. Karena itu, kepada masyarakat yang ingin berpartisipasi kami masih menyediakan ruang untuk promosi ini," kata Astrid.

Acara ini juga akan diikuti sejumlah kementerian dan peserta dari luar negeri, yang di antaranya datang dari Nothern Territory, Australia dan peserta dari Kuching, Malaysia. Kaltim Expo merupakan bagian tidak terpisahkan dari pelaksanaan Kaltim Summit 2013 yang akan digelar di Balikpapan, katanya.

(S035/Z002)

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013