Ada kesenjangan pembiayaan program sekitar 3,8 miliar hingga akhir 2014,"
Washington (ANTARA News) - Dana Moneter Internasional mencairkan pinjaman untuk Yunani sebesar 1,72 miliar euro (2,29 miliar dolar AS) pada Senin, setelah menyelesaikan kajian kinerja negara itu di bawah program penyelamatan internasional.

Dengan pencairan terbaru berarti bahwa Yunani telah menerima total sekitar 8,24 miliar euro (10,94 miliar dolar AS) dari IMF di bawah dana talangan (bailout) yang dikoordinasikan bersama Uni Eropa dan Bank Sentral Eropa pada Maret 2012.

Pada Jumat (26/7), 18-negara zona euro memberikan lampu hijau untuk merilis 4,0 miliar euro dana talangan untuk Yunani setelah negara itu memenuhi persyaratan program.

Yunani yang dua kali mendapat dana talangan masih menghadapi kekurangan dana sekitar 3,8 miliar euro pada akhir tahun depan, namun troika kreditor internasionalnya tidak terlalu mengkhawatirkannya, seorang pejabat senior Uni Eropa mengatakan Jumat.

"Ada kesenjangan pembiayaan program sekitar 3,8 miliar hingga akhir 2014," sumber Uni Eropa mengatakan, menambahkan bahwa di mata para ahli yang terlibat, angka ini "tidak besar."

Dana talangan Yunani disepakati oleh Uni Eropa, Bank Sentral Eropa dan Dana Moneter Internasional dibiayai hingga pertengahan 2014, kata pejabat itu.

Yunani pertama kali diselamatkan untuk 110 miliar euro pada 2010 tetapi ketika itu gagal, mendapat penyelamatan kedua senilai 130 miliar euro ditambah penghapusan utang swasta dengan total lebih dari 100 miliar euro.

Sebagai gantinya, Athena harus melaksanakan langkah-langkah penghematan kejam, termasuk pemotongan drastis untuk pensiun dan gaji pegawai negeri sipil, sementara ekonomi tetap terjebak dalam resesi selama sekitar enam tahun.

(A026)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013