Jakarta (ANTARA) - Kylian Mbappe merayakan ulang tahunnya yang  ke-25 dengan mengukir dua gol saat PSG menang 3-1 atas Metz, pada pertandingan Liga Prancis yang dimainkan di Parc des Princes, Paris, Rabu waktu setempat atau Kamis dini hari WIB.

Kemenangan ini membawa PSG total mengoleksi 40 poin dan unggul lima poin atas Nice di puncak klasemen Liga Prancis, sedangkan Metz tertahan di posisi ke-14 dengan 16 poin, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

PSG, yang hanya bermain imbang 1-1 di Lille akhir pekan lalu, mengalami kesulitan pada babak pertama sebelum Vitinha memecah kebuntuan di awal babak kedua dengan menyundul umpan dari Lee Kang-in.

Mbappe kemudian menjadi bintang dengan menggandakan keunggulan PSG pada menit ke-60, melalui sepakannya yang sempat memantul di bawah mistar gawang dari tepi area.

Matthieu Udol mencetak satu gol balasan untuk tim tamu pada menit ke-72 , tetapi Mbappe memanfaatkan umpan pendek pemain lawan untuk mengecoh kiper dan mengubah skor menjadi 3-1 pada menit ke-83. Itu merupakan gol ke-18 Mbappe di Liga Prancis musim ini.

Ulang tahun Mbappe menjadi semakin berkesan ketika adiknya yang berusia 16 tahun, Ethan, dimainkan di masa tambahan waktu untuk mengukir debutnya di tim senior.

Baca juga: Ronaldinho sebut Mbappe berpotensi memenangkan Ballon d'Or 2024

Monaco berada tujuh poin di belakang pemimpin klasemen untuk menghuni posisi ketiga, setelah mereka bangkit dari ketertinggalan untuk menang 2-1 di markas Toulouse. Wissam Ben Yedder menjadi pahlawan Monaco dengan ukiran dua golnya.

Meskipun kehilangan Aleksandr Golovin karena diganjar kartu merah pada babak kedua, Monaco mampu mempertahankan raihan tiga poin.

Pada pertandingan lainnya, pemain internasional Mali, Kamory Doumbia, tampil gemilang dengan mencetak empat gol, semua terjadi di babak pertama, saat Brest mengalahkan saingan sesama wilayah Brittany, Lorient, dengan skor 4-0.

Hasil tersebut mengangkat Brest ke posisi keempat, yang berhak lolos ke babak kualifikasi Liga Champions, menggeser Lille yang kalah 2-1 tandang melawan Strasbourg asuhan Patrick Vieira.

Insiden kembang api

Marseille berada di peringkat keenam setelah bangkit dari ketertinggalan untuk bermain imbang 1-1 melawan Montpellier, dengan Jordan Veretout mencetak gol mereka. Pertandingan itu sempat tertunda selama lima menit pada babak kedua setelah kembang api diledakkan di salah satu ujung stadion.

Montpellier telah dikenai pengurangan satu poin setelah insiden dalam pertandingan kandang mereka melawan Clermont pada awal musim ini, ketika kiper tim tamu terkena kembang api yang dilemparkan dari tribun yang sama.

"Orang-orang itu begitu bodoh, ini sungguh tidak masuk akal. Saya tidak mengerti. Anda seharusnya datang ke stadion untuk mendukung tim Anda, bukan untuk meledakkan kembang api," keluh pelatih Montpellier Michel Der Zakarian seperti dikutip dari AFP.

Pemain internasional Jepang, Keito Nakamura, mencetak gol semata wayang saat Reims menang 1-0 atas Le Havre 1-0, sementara Rennes mencetak dua gol di menit-menit akhir untuk meraih kemenangan 3-1 atas klub papan bawah, Clermont.

Di tempat lain, Lyon keluar dari zona degradasi setelah mengalahkan Nantes 1-0 berkat gol Alexandre Lacazette. Ini adalah kemenangan ketiga berturut-turut bagi tim yang sebelumnya hanya meraih satu kemenangan sepanjang musim, dan hasil ini mengangkat mereka dua poin di atas Toulouse. Tolulouse kini menempati posisi play-off degradasi atau di posisi ke-16.

Baca juga: Marquinhos jadi pemain dengan catatan kemenangan terbanyak bersama PSG

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023