New York (ANTARA News) - Kurs dolar sedikit menguat terhadap euro pada Senin (Selasa pagi WIB), di pasar yang berhati-hati menjelang pertemuan bank sentral di kedua sisi Atlantik pada minggu ini.

Euro dibeli 1,3264 dolar sekitar 21.00 GMT (Selasa 04.00 WIB), turun dari 1,3278 dolar pada waktu yang sama Jumat (26/7), demikian laporan AFP.

Namun dolar melemah terhadap mata uang Jepang, dikutip pada 97,89 yen dibandingkan dengan 98,20 yen pada Jumat.

Yen juga menguat terhadap euro, yang dibeli 129,85 yen dari 130,48 yen.

Dolar menunjukkan beberapa semangat baru setelah jatuh tajam terhadap euro pada Jumat.

Pasar fokus pada pembukaan pertemuan dua hari Federal Reserve AS, Selasa, yang akan diikuti oleh pertemuan Bank Sentral Eropa (ECB) dan Bank Sentral Inggris (BoE) pada Kamis.

Tak satu pun dari bank diperkirakan akan mengubah tingkat suku bunga ultra-rendah mereka guna mendukung ekonomi yang kesulitan untuk tumbuh.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) Fed hampir pasti mempertahankan arah kebijakannya tak berubah. Namun pernyataan FOMC pasca-pertemuan akan diteliti untuk tanda-tanda kapan dan bagaimana, bank sentral AS bermaksud untuk mengurangi program stimulus besar-besarannya.

"Sebuah prospek yang tak jelas untuk rencana pengurangan stimulus Fed telah menyebabkan investor mengurangi kembali taruhan bullish mereka pada greenback," kata Joe Manimbo di Western Union Business Solutions.

"Tetapi selama investor melihat kasus untuk pengurangan stimulus Fed pada September masuk akal dan data AS minggu ini umumnya konsisten dengan perbaikan ekonomi, penurunan greenback mungkin akan relatif moderat."

Juga pada minggu ini di ekonomi terbesar dunia itu akan merilis estimasi pertama pertumbuhan produk domestik bruto kuartal kedua pada Rabu dan laporan pekerjaan untuk Juli pada Jumat.

"Pengaruh alami peristiwa minggu ini memiliki potensi untuk membentuk sentimen pasar mata uang bagi minggu yang akan datang," kata Manimbo.

Boris Schlossberg dari BK Asset Management mengatakan bahwa penghindaran risiko ringan dan kegagalan tenikal menembus tingkat psikologis membantu dolar mendapatkan dukungan dalam perdagangan sore.

Dolar menguat terhadap mata uang Swiss, dibeli 0,9306 franc, naik dari 0,9284 franc pada Jumat.

Namun, pound naik lebih tinggi menjadi 1,5344 dolar, dibandingkan dengan 1,5377 dolar.


Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013