akibat korsleting
Jakarta (ANTARA) - Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarnat) Jakarta Utara memadam kebakaran  yang melanda bangunan dua lantai pada wilayah padat hunian di Jalan Haji Tamin S RT001/RW009, Sunter Jaya, Tanjung Priok.

Dalam peristiwa itu Dinas Gulkarmat Jakarta Utara dibantu Jakarta Pusat mengerahkan 55 orang petugas beserta 11 unit mobil pemadam agar kebakaran tidak meluas.

"Pengerahan sebanyak sembilan unit dari Jakarta Utara dan dua unit dari Jakarta Pusat membawa total 55 personel," kata Perwira Operasi I Sudin Gulkarmat Jakarta Utara Singgih kepada wartawan di Jakarta Utara, Kamis.

Kebakaran  terjadi sekitar pukul 05.50 WIB yang diduga berasal dari korsleting.

Total kerugian yang ditimbulkan akibat peristiwa tersebut masih belum diketahui. Namun besarnya api membuat sejumlah barang di lokasi tidak berhasil diselamatkan, termasuk satu unit mobil.

Petugas menduga barang-barang yang tidak bisa diselamatkan dari kobaran api itu merupakan barang-barang bekas yang mudah terbakar seperti plastik.

"Barang-barang bekas pengepul (pengumpul barang bekas)," kata Singgih.

Menurut Singgih, pihaknya tidak menemui hambatan dalam melaksanakan operasi pemadaman kebakaran tersebut. Sebab, tidak ada orang yang menempati bangunan saat terjadi kebakaran.

"Tidak ada korban, kosong di waktu kejadian," kata Singgih.

Peristiwa kebakaran tersebut pertama kali diketahui wartawan berdasarkan unggahan video pada akun media sosial @humasjakfire sekitar pukul 06.39 WIB dan @BPBDJakarta sekitar pukul 06.42 WIB.

Dalam video yang diduga direkam dari arah Jalan Tol Dalam Kota Ir Wiyoto Wiyono, terlihat asap hitam tebal membumbung tinggi ke udara yang dipastikan berasal berlokasi di kawasan Sunter Jaya.
Baca juga: Akibat bakar sampah, delapan rumah kontrakan di Pondok Kelapa ludes
Baca juga: Arus pendek sebabkan kebakaran 15 rumah di Palmerah
Baca juga: 10 rumah terbakar di Palmerah Jakarta Barat

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023