Jakarta (ANTARA) - Tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD melanjutkan agenda kampanye mereka secara terpisah di beberapa daerah Tanah Air.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan masa kampanye Pilpres 2024 berlangsung sejak 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, kemudian para pasangan calon dilarang berkampanye selama masa tenang yaitu pada 11-13 Februari 2024.

KPU menjadwalkan pemungutan suara Pilpres 2024 berlangsung pada 14 Februari 2024 serentak dengan pemungutan suara untuk pemilihan calon anggota legislatif (pileg) RI.

Berikut rangkuman (round up) kegiatan tiga pasangan calon pada hari ke-23 masa kampanye Pilpres 2024:


Pasangan Anies-Muhaimin

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan pada hari ke-23 melakukan rangkaian kegiatannya di Ibu Kota Jakarta dengan menghadiri agenda internal pada pagi hari.

Kemudian, mantan gubernur DKI Jakarta tersebut melanjutkan kegiatannya dengan berkampanye sekaligus safari di Kelapa Gading, Jakarta.

Dalam safari natal itu, Anies memberikan pesan dialog terbuka dengan tokoh agama Katolik dan Kristen Protestan sekaligus makan malam.

Capres yang diusung Partai NasDem, PKS, dan PKB juga menyampaikan imbauannya kepada masyarakat agar selektif dalam mengkonsumsi informasi, karena saat ini arus informasi sangat cepat tanpa ada yang menyaring seperti dahulu.

Sementara itu, pendamping Anies Baswedan dalam Pilpres 2024, Muhaimin Iskandar, memilih untuk mengikuti agenda internal.

Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) menggelar deklarasi deklarasi Majelis Nasional Pergerakan Insan Cita For AMIN di Jl. Pandeglang, Menteng, Jakarta Pusat. Deklarasi tersebut diikuti oleh segenap alumni HMI yang bersepakat mendukung AMIN.


Pasangan Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berkegiatan di beberapa daerah, salah satunya di Kuningan, Jawa Barat, untuk meresmikan lima sumber air.

Prosesi peresmian dilakukan di Desa Pamupukan, Kecamatan Cibiru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat; sedangkan daerah lainnya mengikuti melalui konferensi video di lokasi masing-masing.

Setelah diresmikan, Prabowo Subianto menitipkan kepada warga agar sumber air yang ada dirawat agar keberadaannya tetap terjaga.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka melakukan aktivitas rutinnya melayani masyarakat sebagai wali kota Surakarta.


Pasangan Ganjar-Mahfud

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo kembali berkampanye pada Rabu (20/12) di Jakarta dengan menghadiri peresmian Seknas Barisan Advokasi Keadilan Indonesia Ganjar-Mahfud (BAKI GAMA) 03 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Pada kesempatan itu, Ganjar berterima kasih terhadap deklarasi dukungan dari BAKI GAMA 03 yang terdiri dari para pengacara maupun anak-anak muda.

Ia berharap dengan dukungan dari BAKI GAMA 03 maka semakin memperkuat kekuatan pasangan Ganjar-Mahfud dalam menghadapi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Sementara itu, calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD juga berkegiatan beberapa tempat di Jawa Barat dan di Ibu Kota Jakarta.

Acara pertama, Mahfud menghadiri Rembug Nasional Sahabat Saksi dan Korban Untuk Indonesia di Camp Huku Cai, Jalan Pesantren, Ciawi Jawa Barat.

Kemudian, Mahfud yang juga Menkopolhukam itu menghadiri acara Makan Seafood bersama Nelayan di Marunda, Cilincing, Jakarta Utara. Acara makan bersama ini mulai digelar pukul 12. 30-13.30 WIB.

Dalam kegiatannya bersama nelayan, Mahfud berkomitmen untuk mengoptimalkan potensi kemaritiman di wilayah tersebut.

Kegiatan Mahfud pada Rabu (20/12) diakhiri dengan menjadi pembicara dalam kegiatan hari mugran sedunia di Margonda, Depok, Jawa Barat.

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023