Kolaborasi ini merupakan bukti Bitera dan PLN memiliki pandangan dan nilai yang sama dalam menjalankan bisnis keberlanjutan.
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) menyerahkan Sertifikat Energi Terbarukan atau Renewable Energy Certificate (REC) untuk Layanan Pembangkit Listrik Ultimate Premium 59,8 MVA kepada Bitera guna meningkatkan proporsi energi bersih di Indonesia.

Penyerahan tersebut dilakukan melalui unit PLN Induk Distribusi Jakarta Raya. Dengan itu, diharapkan dapat mendorong proporsi energi bersih menjadi 25 persen pada tahun 2025.

“Kolaborasi ini merupakan bukti Bitera dan PLN memiliki pandangan dan nilai yang sama dalam menjalankan bisnis keberlanjutan,” kata CEO Bitera Tedy Harjanto, di Jakarta, Kamis.

General Manager PLN UID Jakarta Raya Lasiran menjelaskan REC merupakan salah satu inovasi produk hijau PLN untuk mempermudah pelanggan mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT yang diakui secara internasional.

PLN tengah berupaya menerapkan energisasi melalui layanan pembangkit listrik, yang salah satunya diwujudkan melalui layanan tenaga listrik Ultimate Premium 59,8 MVA.

Layanan tenaga listrik Ultimate Premium 59,8 MVA dirancang untuk memberikan efisiensi yang berkelanjutan, sehingga diharapkan bisa menyediakan pasokan listrik tanpa gangguan, mendorong kinerja optimal, dan meminimalkan jejak karbon.

Sepanjang tahun 2023, tepatnya hingga bulan Oktober 2023, PLN UID Jakarta Raya telah merilis 244.442 lembar REC atau setara dengan 244.442.000 kWh.

“Sebagai langkah mewujudkan Indonesia Net Zero Emission Tahun 2060, PLN terus bertransformasi dan berkomitmen untuk menyalurkan energi hijau ke seluruh nusantara, salah satunya kepada Bitera,” ujar dia.

Bitera merupakan pusat data tier 3+ yang menyediakan SLA ketersediaan Five9s. Bitera mengedepankan inovasi dan pengaplikasian teknologi ramah lingkungan untuk mendukung masa depan yang berkelanjutan.

Penyerahan REC tersebut menandai kemitraan kedua perusahaan dalam upaya memberikan solusi tenaga listrik premium dan berkelanjutan, khususnya di bidang energi hijau.
Baca juga: Tata Power mengajak semua pihak Merangkul Ibu Pertiwi, Mencintai Planet Kita, serta Beralih ke Energi Hijau dan Bersih
Baca juga: Proyek pembangkit tenaga angin raksasa mulai beroperasi di Mongolia


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023