Bawa tas yang memang diperlukan saja berikut Alkitab
Jakarta (ANTARA) - Polisi mengimbau jemaat gereja tidak membawa kendaraan pribadi saat merayakan Natal karena lahan parkir yang terbatas di sejumlah gereja di DKI Jakarta.
 
"Kita minta kepada jemaat di 17 gereja yang mau ibadah Natal naik angkutan umum atau pakai transportasi daring saja. Hal ini bisa mengurangi kemacetan mengingat keterbatasan area parkir," kata Kapolsek Kemayoran, Komisaris Polisi (Kompol) Arnold Simanjuntak saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Selain itu, Arnold juga meminta jemaat gereja membawa barang sesuai kebutuhan dalam artian tidak membawa barang secara berlebihan. Seperti membawa kita suci Alkitab saja untuk menunjang kebaktian dan tas yang memang diperlukan.
 
"Jangan banyak-banyak bawa tas. Bawa tas yang memang diperlukan saja berikut Alkitab," ucap Arnold.
 
Lebih lanjut, Arnold mengatakan dalam pengamanan 17 gereja, petugas yang diterjunkan antara lain dari Polsek Kemayoran, Polres Metro Jakarta Pusat, tiga pilar (TNI, Polri, Satpol PP), Brigadir Mobil (Brimob), Gegana, K9, dan unsur masyarakat.
 
"Jadi gereja saat 24 Desember akan dilakukan sterilisasi terlebih dahulu, baik oleh tim Gegana dan K9. Semua dilakukan sebelum ibadah natal awal dimulai," ucap Arnold.
 
Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menyiapkan sebanyak 4.041 personel gabungan untuk pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024 mengantisipasi segala ancaman yang mungkin terjadi.
 
"Aparat gabungan terdiri atas Kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah, dan unsur-unsur lain yang berkompeten," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto di Balai Polda Metro Jaya, Senin (18/12).
 
Karyoto menjelaskan pihaknya bersama TNI dan pemangku kepentingan lainnya telah menyelenggarakan rapat koordinasi perihal ancaman-ancaman yang mungkin terjadi sekaligus cara penanganan di lapangan.
 
Karyoto juga memfokuskan pengamanan beberapa tempat wisata dan rumah ibadah bahkan untuk rumah ibadah akan dilaksanakan sterilisasi terlebih dahulu sebelum digunakan.
Baca juga: Anies sebut banyak izin gereja diterbitkan saat dirinya jabat gubernur
Baca juga: 200 ribu umat hadiri perayaan Natal Gereja Tiberias di GBK
Baca juga: DKI jamin stok dan harga gas LPG 3 kg jelang Natal dan tahun baru aman

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023