Orang tidak bermasalah masuk politik dipermasalahkan
Serang (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mengajak mahasiswa untuk tidak apatis terhadap politik, karena ketika sektor tersebut dimasuki orang-orang baik, maka diharapkan kualitas politik semakin membaik.

"Orang bermasalah masuk politik tidak dipermasalahkan. Orang tidak bermasalah masuk politik dipermasalahkan. Lalu, kapan politik kita menjadi baik?" kata Anies saat berdiskusi dengan mahasiswa Universitas Bina Bangsa di Serang, Banten, Kamis.

Anies mengatakan bahwa mahasiswa tidak boleh apatis terhadap politik, karena itu menjadi keniscayaan hidup di negara demokrasi.

Menurut dia, banyak mahasiswa menilai bahwa politik itu kotor, sehingga tidak tertarik terjun ke dalam dunia tersebut dan memilih bekerja atau membuka bisnis.

Baca juga: Gus Miftah bantah berikan uang agar tidak pilih Anies-Muhaimin

Padahal, lanjut Anies, politik dan bisnis merupakan bisa menjadi bersih atau kotor tergantung pada etika seseorang yang menjalaninya.

"Jangan apatis (terhadap politik)," kata mantan gubernur DKI Jakarta itu ketika mengawali dialog dengan ratusan mahasiswa.

Anies kemudian menceritakan apa yang dia rasakan ketika berbincang dengan mahasiswanya saat dia masih menjadi rektor Universitas Paramadina. Ketika itu, Anies bertanya kepada mahasiswa setelah lulus mau ke mana dan mendapat jawaban mau berbisnis.

Dia lalu menimpali jawaban itu dengan bertanya apakah mahasiswa tersebut tidak ingin terjun ke dunia politik. Mahasiswa itu malah menatap balik Anies dan berkata bahwa politik itu kotor. Kemudian, Anies kembali menimpali dengan bertanya bahwa ketika politik kotor apakah bisnis adalah sektor bersih.

Baca juga: Anies tidak berencana tambah dana kampanye

"Jadi, bisnis dan politik itu sektor, bersih atau kotor bukan karena sektor, tetapi karena etika," ujar Anies.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga bakal pasangan capres-cawapres sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas Bali desak PKB panggil caleg pembuat rokok bergambar AMIN

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023