Ini harus kita persiapan dengan baik agar mobilitas masyarakat yang diprediksi meningkat 60 persen dari tahun lalu bisa betul-betul terlayani dengan kehadiran petugas di lapangan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan perlu adanya perhatian khusus pada perjalanan wisata untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

“Kita tahu ada perkiraan 107 juta orang yang bergerak pada libur Nataru tahun ini dan kebanyakan akan menuju tempat wisata," kata Menhub saat menghadiri kegiatan apel pasukan Operasi Lilin dalam rangka pengamanan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jakarta, Kamis.

Menhub mengatakan, untuk memastikan kelaikan armada transportasi khususnya bus, Kemenhub telah melakukan inspeksi keselamatan atau ramp check pada bus pariwisata dan bus antarkota antarprovinsi (AKAP).

Menurut dia, hal tersebut merupakan salah satu upaya antisipasi karena moda transportasi bus banyak digunakan untuk perjalanan ke destinasi wisata.

Lebih lanjut Menhub mengungkapkan, Jalur tol Cikopo-Palimanan (Cipali) menjadi salah satu titik krusial yang akan terjadi kepadatan. Di tol Cipali, ada perjumpaan dengan tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan).

"Kami bersama-sama dengan Korlantas dan Dinas Perhubungan telah menyiapkan upaya-upaya rekayasa lalu lintas," kata Menhub.

Selain itu, titik-titik kepadatan lain juga akan terus dipantau seperti pelabuhan Ketapang, Banyuwangi dan Gilimanuk, Bali serta Pelabuhan Merak, Banten dan Bakauheni, Lampung.

Untuk memastikan keselamatan perjalanan, Menhub mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh dan mengimbau masyarakat untuk memilih moda transportasi massal atau mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan Kemenhub dan pihak lainnya.

Sementara itu, Wakapolri Jenderal Agus Andrianto mengatakan, pengamanan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 melibatkan 79.000 personel Polri dan 59.000 personel TNI.

Apel gelar pasukan Operasi Lilin ini merupakan persiapan awal dalam rangka pengamanan Nataru 2024.

"Ini harus kita persiapan dengan baik agar mobilitas masyarakat yang diprediksi meningkat 60 persen dari tahun lalu bisa betul-betul terlayani dengan kehadiran petugas di lapangan," ujarnya.

Kegiatan apel ini juga dihadiri oleh Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, Kakorlantas Brigjen Aan Suhanan, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto.

Baca juga: Menhub instruksikan petugas pastikan penumpang KA terlayani baik

Baca juga: Kemenhub rampungkan 21 dari total 35 PSN sektor transportasi

Baca juga: Kemenhub prediksi 107 juta masyarakat lakukan perjalanan selama Nataru

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023