Denpasar (ANTARA) - Polda Bali menyiapkan empat kantong parkir di jalur menuju Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, dan Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Itu sudah kami koordinasikan dengan ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry) maupun pemerintah daerah. Siapkan kantong-kantong parkir di lokasi nantinya. Untuk arus Natal dan Tahun Baru kali ini mirip-mirip sama arus balik mudik. Kami antisipasi di Gilimanuk-Ketapang, Padangbai," kata Kepala Polda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra di Denpasar, Bali, Kamis.

Di jalur Gilimanuk, terdapat dua kantong parkir yang disiapkan, yakni di Gudang Suzuki dan Gudang Kargo. Sementara itu, di jalur Pelabuhan Padangbai, dua kantong parkir disiapkan di Yeh Malet, Kabupaten Karangasem, dan di Kusamba, Kabupaten Klungkung.

Di dua jalur pelabuhan tersebut, Polda Bali juga menyiapkan Pos Pelayanan Terpadu dan Pos Pengamanan. TNI, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, Basarnas, ASDP Indonesia Ferry, dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) juga bersiaga di pelabuhan tersebut.

Baca juga: Polri gelar apel Operasi Lilin 2023 pengamanan Natal-Tahun Baru

Sementara itu, Kepala Bidang Operasi Polda Bali Kombes Pol. Soelistijono mengatakan untuk mengurai kemacetan di Pelabuhan Gilimanuk, pihaknya menyiapkan jalur-jalur alternatif yang bisa digunakan oleh masyarakat pelaku perjalanan lewat jalur laut.

"Nanti kalau padat, itu kami gunakan seperti pola kemarin (tahun lalu). Kami masukkan dulu ke jalur sebelah kiri dan kendaraan besar tetap pada jalur utama. Semakin padat, kami tambah jalur. Jadi, ada dua jalur tambahan ke kiri, terlalu padat, kami buat tiga," jelas Soelistijono.

Berbeda dengan di Pelabuhan Padangbai, jalur-jalur alternatif tak bisa disiasati karena jalur menuju pelabuhan di Kabupaten Karangasem hanya satu.

"Untuk di Padangbai, kami tidak bisa siasati sampai dalam pelabuhan, karena jalurnya cuma satu. Kami hanya siapkan kantong-kantong parkir, satu di Yeh Malet, Karangasem, dan satunya di Kusamba, Klungkung," ujarnya.

Pada libur akhir tahun 2023, Soelistijono mengatakan tidak ada larangan bagi truk untuk melewati jalur tersebut seperti tahun sebelumnya. Dia memprediksi kendaraan yang melalui dua jalur tersebut masih sama seperti tahun sebelumnya.

Baca juga: Polri siapkan skema pengaturan lalin antisipasi kemacetan akhir tahun
Baca juga: Polri sediakan tempat parkir bagi pemudik Natal dan tahun baru

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023