Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Utara mengajak 100 perempuan, anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan pengelola Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) untuk mendeteksi dini kanker leher rahim melalui tes inspeksi visual asam asetat (IVA).

Kegiatan yang berlangsung pada Kamis itu dalam rangka peringatan Hari Ibu ke-95 pada Jumat (22/12).

Wakil Wali Kota Jakarta Utara Juaini Yusuf di Kantor Wali Kota Jakarta Utara mengatakan, peringatan Hari Ibu untuk mengingatkan lagi bahwa perempuan berperan penting dalam pembangunan masyarakat dan kesejahteraan.

Melalui tema "Perempuan Berdaya Mendukung Jakarta Utara Menuju Indonesia Maju", Juaini optimistis bahwa kekuatan perempuan adalah pilar utama bagi kemajuan Jakarta dan Indonesia.

“Pemberdayaan perempuan memiliki peran sentral dalam kemajuan suatu kota dan negara. Melibatkan perempuan secara penuh dalam berbagai aspek kehidupan membawa dampak positif yang luas,” kata Juaini.

Baca juga: Hari Ibu, seluruh petugas upacara Pemprov DKI Jakarta perempuan

Kanker leher rahim (kanker serviks) menjadi penyebab kematian nomor satu pada perempuan. Kanker serviks tidak menimbulkan gejala sehingga sulit terdeteksi pada stadium awal.

Namun terdapat cara deteksi dini untuk penyakit mematikan tersebut, yaitu melalui tes IVA, yang metodenya berfokus pada visualisasi langsung perubahan jaringan dengan bantuan asam asetat.

Masyarakat bisa memanfaatkan tes IVA yang tersedia di Puskesmas termasuk di Puskesmas Kecamatan Cilincing di Jakarta Utara untuk mengetahui perkembangan kesehatan organ dalam masing-masing.

Di Puskesmas Cilincing, pasien akan cepat dilakukan penanganan medis seperti krioterapi jika memang terdeteksi lesi atau ruam pra-kanker di jaringan serviks.

Selain deteksi dini, penyakit kanker yang rentan terhadap perempuan itu juga bisa dihindari dengan cara menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

Baca juga: TP PKK Jaksel bersama Biodef gelar Kids Festival peringati Hari Ibu

Dalam kesempatan itu, Juaini mengajak setiap anggota masyarakat untuk mengambil kesempatan yang setara untuk berpartisipasi dalam mewujudkan kota Jakarta Utara yang lebih dinamis, inklusif dan berkelanjutan.

​"Dukungan dalam hal pendidikan, pelatihan keterampilan dan akses yang adil terhadap peluang adalah kunci untuk memastikan bahwa setiap perempuan memiliki peran yang aktif dalam pembangunan,” kata Juaini.

Ketua DWP Kota Jakarta Utara Yenny Nursanti Ali mengucap terima kasih kepada seluruh pihak yang berkontribusi dalam peringatan Hari Ibu ke-95. Peringatan digelar secara sederhana dengan menggabungkan aksi sosial.

“Terima kasih kepada seluruh donator yang telah berkontribusi. Semoga apa yang diberikan bermanfaat bagi yang membutuhkan,” kata Yenny.

Turut hadir dari​​ istri Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Mirdiyanti serta perwakilan Jalasenastri Kolinlamil, perwakilan Persit Cabang Kodim 0502 Jakarta Utara dan perwakilan Bhayangkari Cabang Polres Metro Jakarta Utara.

Peringatan Hari Ibu tersebut juga diisi dengan paduan suara, senam koreografi (line dance), hingga Bodoran Betawi yang dibawakan pelawak asli Betawi, Bang Qubil dan Bang Sipit.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023