Jakarta (ANTARA) - Huawei Indonesia kembali mengenalkan produk kelas atas untuk tablet yaitu MatePad Pro 13,2 inci yang siap meluncur di pasar Indonesia pada 2024.

Training Director Huawei Device Indonesia Edy Supartono mengungkapkan di Jakarta, Kamis, mengatakan MatePad Pro itu menjadi tablet pertama dari Huawei yang berukuran 13,2 inci dan membawa banyak peningkatan.

"Huawei MatePad Pro 13,2 inci bisa dibilang menjadi tablet dengan keunggulan paling tipis dan paling ringan di kelasnya," kata Edy.

Meski memiliki layar berukuran 13,2 inci, namun, dengan bobot ringan dan ketebalan yang tipis membuat tablet ini mudah dibawa kemana-mana.

Untuk ketipisan dari tablet tersebut berukuran 5,5 milimeter, sementara bobotnya terbilang ringan 580 gram, bahkan saat dilengkapi dengan aksesoris berupa casing dan keyboard tablet tersebut terbilang tetap ringan dengan berat 900 gram.

Huawei menghadirkan dua warna Black Gold dan Green untuk meningkatkan kesan mewah pada tablet itu.
 
Tampilan belakang Huawei MatePad Pro 13.2 inci dengan warna Green yang dipamerkan dalam media roundtable Huawei MatePad Pro 13,2 inci di Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)


Dari sisi layar, Huawei pertama kalinya menggunakan panel OLED fleksibel sehingga rasio layar yang dihadirkan menjadi lebih luas dengan resolusi 2880 x 1920 dan rasio 3:2.

Layar tersebut juga hadir dengan refresh rate 144 Hz dan perlindungan untuk mata TUV Rheinland Global Eye Care 3.0 sehingga dipastikan nyaman untuk digunakan dalam jangka panjang.

Pengalaman serasa menggunakan laptop juga ikut ditingkatkan oleh Huawei, caranya dengan meningkatkan aksesoris pelengkap berupa keyboard hingga stylus MPencil Gen 3 dengan fitur-fitur unggulan baru.

Untuk keyboard yang dikenalkan khusus melengkapi MatePad Pro 13,2 inci, kali ini Huawei membawa peningkatan lewat hadirnya track pad yang dapat memberikan pengguna tablet itu pengalaman serasa menggunakan laptop yang lebih mumpuni.

Ukurannya pun 1:1 dengan keyboard yang biasanya ditemui di laptop-laptop berukuran 13 inci lainnya sehingga tidak ada kesulitan untuk beradaptasi bagi yang terbiasa menggunakan laptop untuk menggunakan keyboard di Huawei MatePad Pro 13.2 inci.
 
Tampilan detail MPencil Gen 3 yang dikenalkan berbarengan dengan Huawei MatePad Pro 13.2 inci dalam media roundtable Huawei MatePad Pro 13,2 inci di Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)


Pada MPencil Gen 3, peningkatan dibawa Huawei dari sisi ketahanan daya yang lebih baik dengan efisiensi sebesar 60 persen dan respon rendah latensi yang lebih optimal dapat dirasakan pada saat pengguna menggambar atau menulis di aplikasi Notes atau aplikasi untuk desain lainnya.

Agar dapat mendukung produktivitas, MatePad Pro 13,2 inci juga hadir dengan WPS Office, namun, kali ini dengan versi terbaru yang lebih lengkap yaitu versi 2.0.

Selain menawarkan kebutuhan dasar untuk para profesional maupun pelajar seperti Word, Excel, dan PPT, dengan versi WPS Office 2.0 kini pengguna bisa memanfaatkan fitur "Cloud Collaboration".

Fitur itu memungkinkan dokumen-dokumen yang telah diunggah nantinya bisa juga disunting secara daring oleh pengguna lain yang memiliki akses berupa link ke dokumen terkait. Edy mengatakan chipset besutan Huawei menjadi dapur pacu yang diandalkan dalam tablet ini meski ia tak menyebut secara spesifik chipset jenis apa.
 
Dua warna Huawei MatePad Pro 13.2 inci yaitu Black Gold dan Green yang dipamerkan dalam media roundtable Huawei MatePad Pro 13,2 inci di Jakarta Pusat, Kamis (21/11/2023). (ANTARA/Livia Kristianti)



Tablet itu memiliki dukungan RAM 12 GB yang memungkinkan pengguna membuka dan menggunakan banyak aplikasi sekaligus

Membahas daya, tablet ini telah dibekali dengan baterai berukuran jumbo 10.100 mAh dengan dukungan pengisian daya super cepat Huawei Supercharge 88W menggunakan kabel.

Detail lebih lanjut dari spesifikasi lainnya yang belum terungkap akan hadir dalam waktu dekat saat tablet kelas atas itu diluncurkan.

Namun, dapat dipastikan Huawei MatePad Pro 13,2 inci dapat mulai dibeli secara pre-order pada 11-26 Januari 2024 di beragam platform daring Huawei Official Store.

Baca juga: Huawei MatePad 11 PaperMatte Edition meluncur di Indonesia

Baca juga: Jadi produktif dengan tablet rasa laptop Huawei MatePad 11.5

Baca juga: Huawei lampaui target 100 ribu talenta digital, siap tambah kapasitas


Baca juga: Galaxy Tab A9 series Kids Edition hadir di Indonesia

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023