Batang (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah menyatakan bahwa kondisi di beberapa jalur alternatif daerah setempat yang menghubungkan Batang dengan Pekalongan kini sudah siap dilalui pemudik.

"Memasuki H-10 Lebaran, jalan alternatif sudah siap dan layak dilalui pemudik," kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Batang, Heru Yuwono di Batang, Selasa.

Menurut dia pemudik yang berasal dari arah pantura Kota Pekalongan menuju Batang, nantinya akan dialihkan melalui Jalan Seruni, Jalan Sutoyo, Yos Sudarso, Seturi, Sigandu, dan Jalan Sultan Agung atau hingga pertigaan kantor Samsat Batang.

"Jika arus lalu lintas kendaraan di jalur pantura padat maka pemudik akan dialihkan ke jalur alternatif itu," katanya.

Ia mengatakan bahwa sedangkan pada jalur alternatif Kecamatan, Limpung dan Tersono menuju ke Magelang, arus lalu lintas kendaraan akan dialihkan ke jalur lain karena masih ada pembangunan Pasar Tersono yang mengakibatkan penyempitan jalan.

"Karena ada pembangunan Pasar Tersono maka jalur alternatif Kecamatan Limpung menuju Yogyakarta-Magelang dialihkakan ke jalan lain," katanya.

Ia didampingi Kepala Bidang Jalan, Edy Purnomo mengatakan bahwaaat ini pemkab masih konsentrasi terhadap pembangunan infrastruktur jalan rusak, seperti Jalan Raya Desa Simbang Beji Kecamatan Tulis, Jalan Raya Desa Timbang Tersono, Jalan Desa Petamanan Limpung Sidomulyo, dan Jalan Raya Tersono-Bawang.

"Saat ini, pembangunan infrastruktur jalan itu sudah memasuki tahap pengerjaan proyek. Oleh karena itu, kami meminta pada pengguna jalan dan masyarakat ikut peduli menjaga infrastruktur jalan itu," katanya.

Pewarta: Kutnadi
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013