Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) merampungkan pembangunan pompa rumah dan Waduk Jagakarsa di Jakarta Selatan dalam upaya mengatasi banjir di DKI Jakarta.
 
"Saya bersama Kasudin SDA hari ini melihat pekerjaan tahun 2023 yang sudah diselesaikan, untuk mengatasi banjir di Jakarta," kata Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Munjirin di Jakarta, Kamis.
 
Ia mengatakan Waduk Jagakarsa dengan luas 3,1 hektar, pembuangan air di waduk langsung menuju ke Kali Pulo tersebut masuk rencana induk sistem pengendalian banjir (flood control) Jakarta dari hulu hingga hilir.
 
"Waduk ini dapat menampung debit air hingga 2.500 meter kubik, dan pembuangan airnya langsung mengalir menuju ke Kali Pulo," ucap Munjirin.
 
Selain itu, Munjirin menambahkan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan sudah membangun sepanjang 1.600 meter saluran air, yang langsung terhubung ke Kali Ciliwung.
 
"Pembangunan Rumah Pompa di Asem Baris, Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet juga telah rampung," tambahnya.
 
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menegaskan, pengendalian banjir di Ibu Kota harus terintegrasi dari hulu ke hilir agar hasilnya dapat maksimal.
 
"Untuk Jakarta, kita tahu hulunya di Bogor, Depok, lalu hilirnya di Jakarta," kata Ketua Subkelompok Perencanaan Pengendalian Banjir dan Drainase Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta Maman Supratman.
 
Maman berharap upaya-upaya pengendalian banjir dari hulu ke hilir dapat terus dioptimalkan.
 
"Jadi, di hulu bisa menambah ruang-ruang tampungan air di pinggir sungai, menjaga resapan-resapannya. Itu harapan kita," kata Maman.
 
Menurut Maman, menambah ruang-ruang tampungan air di pinggir sungai penting dilakukan di hulu sehingga air yang masuk ke Jakarta melalui sungai tidak terlalu tinggi.
 
Apalagi, katanya, Jakarta dilalui oleh 13 sungai yang bermuara ke Teluk Jakarta.
 
Selain itu, masyarakat juga diharapkan dapat berpartisipasi dengan tidak membuang sampah sembarangan karena sampah akan menghambat aliran air baik di saluran drainase maupun sungai.

Baca juga: Karya bakti TNI antisipasi banjir dan wabah penyakit di Jember

Baca juga: Antisipasi banjir, TNI bersihkan jaringan irigasi di Sirkuit Mandalika

Baca juga: Masyarakat Jakarta bisa akses peringatan dini banjir secara daring

Pewarta: Bayu Pratama Syahputra
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023