Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Karya bakti TNI yang dilakukan bersama sejumlah instansi dan masyarakat untuk mengantisipasi bencana banjir dan wabah penyakit saat musim hujan di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Kegiatan pembersihan selokan dilakukan oleh Kodim 0824/Jember dengan sasaran selokan sepanjang 400 meter di Lingkungan Sumberejo, Kelurahan Wirolegi, Kecamatan Sumbersari, yang dipimpin langsung oleh Dandim 0824/Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso.

"Kegiatan bersih-bersih selokan, bersih-bersih pasar, pemberantasan sarang nyamuk, penanaman pohon, dan lain-lain selalu kami lakukan untuk mencegah terjadinya banjir dan munculnya penyakit," kata Dandim 0824/Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso, di Jember, Kamis.

Baca juga: Kodim 1710/Mimika gelar bakti kesehatan peringati HUT ke-78 TNI

Kegiatan karya bakti TNI itu dilaksanakan secara serentak di seluruh Kodim se-Indonesia atas petunjuk dan arahan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Maruli Simanjutak dengan kegiatan berupa pembersihan pasar, pembersihan aliran sungai, dan penanaman pohon.

"Kami mempunyai 27 Koramil dan 4 Pos Koramil untuk melaksanakan kegiatan karya bakti sesuai dengan tipologi wilayah, sehingga masing-masing wilayah tidak sama dalam kegiatan itu," tuturnya.

Ia mengatakan Koramil yang wilayahnya merupakan perbukitan diperintahkan untuk melaksanakan penanaman pohon, yang wilayahnya perkotaan melaksanakan bersih-bersih pasar, dan yang wilayahnya aliran sungai yang sering banjir maka diperintahkan melaksanakan pembersihan aliran sungai.

Baca juga: Karya Bakti Skala Besar TNI Madiun sasar infrastruktur dan kesehatan

"Pelaksanaannya pada pekan ini dengan melibatkan muspika, semua unsur terkait, dan masyarakat, sehingga diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir dan penyakit," katanya.

Camat Sumbersari Regar Jeane DN mengatakan pihak muspika sangat mendukung kegiatan karya bakti TNI karena sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir dan munculnya penyakit di kelurahan setempat.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh TNI seperti bersih-bersih sungai, bersih-bersih pasar, penanaman pohon, dan lain-lain. Hal itu menjadi bukti bahwa Bersama Rakyat TNI Kuat," ujarnya.

Baca juga: Kodim 1702/Jayawijaya karya bhakti di GKI Sola Gratia

Unsur yang terlibat dalam pelaksanaan karya bakti tersebut yakni TNI dari Kodim 0824/Jember, Polres Jember, Satuan Polisi Pamong Praja, Tagana, perangkat kelurahan, dan masyarakat setempat.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023