"Jadi kami selalu ingatkan jangan lakukan ya, karena sanksinya pidana pemilu,"
Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik kemarin (21/12) menjadi sorotan, di antaranya persiapan debat perdana antarcawapres dari KPU RI sampai berbagai kegiatan dari tiga pasangan calon pada hari ke-24 kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

Menuju debat, Mahfud ingin sampaikan gagasan bukan menyerang lawan

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud mengatakan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud Md akan fokus pada penyampaian visi misi dan gagasan untuk merebut hati rakyat ketimbang menyerang lawan pada saat debat pada Jumat (22/12).

Sebagai seorang intelektual, TPN menerangkan Mahfud telah menyiapkan program-program unggulan, khususnya dalam bidang pembangunan ekonomi yang bermanfaat bagi rakyat untuk dibagikan pada saat debat cawapres perdana.

Selengkapnya baca di sini.

Ini profil 11 panelis debat cawapres 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumumkan sebelas tokoh yang akan menjadi panelis debat calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres) sesi kedua Pemilu 2024 pada Jumat, 22 Desember 2023.

Debat yang diikuti para cawapres tersebut mengusung tema ekonomi dengan subtema ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pe​ngelolaan APBN-APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Selengkapnya baca di sini.

Bawaslu RI ingatkan sanksi pidana Pemilu kampanye di rumah ibadah

Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty kembali mengingatkan kepada peserta Pemilu 2024 agar tidak berkampanye di rumah ibadah terutama pada perayaan hari raya Natal karena dapat sanksi pidana Pemilu.

"Jadi kami selalu ingatkan jangan lakukan ya, karena sanksinya pidana pemilu," ujar Lolly seusai membuka peluncuran Madrasah Anti Hoaks di Sekolah Madrasah Aliayah Negeri (MAN)2 Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Gibran minta restu Jokowi sebelum lakoni debat

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Grace Natalie mengatakan Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka akan meminta doa restu kepada sang ayah Presiden RI Joko Widodo.

"Mungkin kalau enggak ketemu langsung (Jokowi), 'kan ada komunikasi mungkin mohon doa restu," kata Grace saat ditemui di Jakarta Barat, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Jokowi terbitkan Perpres tentang Percepatan Transformasi Digital

Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional.

Berdasarkan sailnan yang diunduh dari laman jdih.setneg.go.id di Jakarta, Kamis, disebutkan bahwa pertimbangan penerbitan perpres itu untuk mendorong terwujudnya pelayanan publik berkualitas dan terpercaya.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023