... insiden paling tragis dalam sejarah Republik Ceko...
Praha (ANTARA) - Seorang mahasiswa Ceko berusia 24 tahun menembak mati ayahnya, lalu pada Kamis (21/12) membunuh 14 orang di universitas di Ibu Kota Praha tempatnya kuliah dan kemudian diduga menembak dirinya sendiri hingga tewas, kata kepolisian.

Aksinya yang juga melukai 25 orang itu menandai penembakan massal terburuk yang pernah dialami Ceko.

Pemerintah Ceko menyatakan 23 Desember sebagai hari berkabung di seluruh wilayah di negara Eropa itu guna menghormati para korban.

Pelaksanaan hari berkabung itu diputuskan melalui sidang khusus kabinet yang dipimpin oleh Presiden Petr Pavel.

"Saya sangat sedih dan marah atas begitu banyak nyawa anak muda yang hilang dengan sia-sia," kata Pavel.

"Saya menyampaikan turut berduka cita kepada kerabat semua korban insiden tragis ini, insiden paling tragis dalam sejarah Republik Ceko," kata sang presiden.

Di lokasi penembakan, yakni Universitas Charles di pusat kota Praha, polisi menemukan senjata dalam jumlah banyak.

Sehari sebelum kejadian, polisi menerima informasi bahwa tersangka penembak kemungkinan sudah berangkat dari kota tempatnya berasal di wilayah Kladno menuju Praha untuk membunuh dirinya sendiri.

Tak lama setelah itu, ayah si tersangka ditemukan tewas.

Di Universitas Charles, polisi mengosongkan sebuah gedung Fakultas Seni tempat penembak bermaksud untuk mengikuti perkuliahan.

Namun kata kepala kepolisian, Martin Vondrasek, polisi dipanggil untuk mendatangi gedung utama yang lebih besar di kompleks fakultas tersebut dan tiba beberapa menit setelah ada laporan soal penembakan.

Menurut Vondrasek, polisi menerima "informasi yang belum dipastikan kebenarannya dari suatu akun di media sosial bahwa dia (tersangka) diduga terinspirasi sebuah serangan teroris di Rusia pada musim gugur tahun ini."

Kepala kepolisian itu menambahkan bahwa pelaku penembakan pada Kamis memiliki izin atas beberapa senjata api.

"Tindakan mengerikan ini sudah direncanakan, mulai dari wilayah Kladno dan sekarang di sini."

Penembak juga diduga menewaskan satu pria lainnya beserta putrinya yang berusia dua bulan. Ayah dan bayinya itu ditemukan tewas tertembak pekan lalu di hutan di sebuah desa di luar Praha, kata Vondrasek.

Vondrasek menambahkan bahwa si penembak itu sendiri tewas akibat dugaan bunuh diri namun pihak berwenang sedang menyelidiki apakah ia kemungkinan juga tewas akibat tembakan polisi.

Menurut kepolisian, tersangka pelaku penembakan itu merupakan mahasiswa berprestasi, tidak memiliki catatan kejahatan, dan menjalankan aksinya itu seorang diri.

Menteri Dalam Negeri Ceko Vit Rakusan, sementara itu, mengatakan penembakan tersebut tidak berkaitan dengan terorisme internasional.


Sumber: Reuters
Baca juga: 15 orang tewas dalam penembakan massal di Universitas Charles Praha
Baca juga: Gubernur Mills sebut 18 tewas dalam penembakan massal di Maine, AS
Baca juga: Polisi buru pelaku penembakan massal di Maine

 

Penerjemah: Tia Mutiasari
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023