Saya ganti strategi"
Jakarta (ANTARA News) - Pebalap nasional Rio Haryanto akan menunda rencananya menembus ajang balap mobil Formula 1 pada musim 2014 karena masih ingin mengukir prestasi di GP2.

"Saya ganti strategi. Mudah-mudahan ke F1 dua tahun lagi, karena saya ingin sukses dulu di GP2," kata Rio saat menggelar acara buka puasa bersama di Jakarta, Selasa.

Rio pernah berencana menekuni GP2 selama dua tahun hingga 2013 untuk kemudian menembus Formula Satu tahun selanjutnya dengan mencapai peringkat lima besar pada GP2 musim 2013 bersama timnya, Addax Barwa. Namun, hingga seri ketujuh musim ini, ia masih kesulitan mengumpulkan poin.

Rio, yang baru saja menyelesaikan race pertama seri ketujuh lomba balap mobil GP2Series di Budapest, Hongaria, Sabtu (27/7) waktu setempat baru mengumpulkan 20 poin dari enam seri sebelumnya dan tetap menempati posisi ke-18 klasemen sementara lomba balap mobil GP2Series tahun ini.

"Masih ada empat seri lagi, saya akan terus belajar. Semoga ini menjadi bekal untuk tahun depan," ujar pebalap asal Solo itu.

Rio mengungkapkan rekan satu timnya, pebalap asal Amerika Serikat Jake Rosenzweig bahkan belum berhasil mengumpulkan poin.

"Dia juga kesulitan bahkan sampai saat ini belum dapat poin sama sekali. Jadi bisa Anda lihat betapa susahnya," ujar Rio yang berhasil menempati posisi kedua pada race kedua sprint race seri kelima lomba balap mobil GP2 Series di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Pada sisa musim tahun ini, ia masih berkesempatan melewati empat seri untuk memperbaiki poinnya di Circuit De Spa-Francorchamps, Belgia (23-25 Agustus), Autodromo Nazionale Monza, Italia (6-8 September), Marina Bay Street Circuit, Singapura (20-22 September), dan Yas Marina Circuit, Uni Emirat Arab (1-3 Nopember).

"Kalau dapat 10 besar atau bahkan lima besar saya lebih senang. Semoga sisa race (balapan) nanti saya bisa improve (meningkat), semoga bisa dapat yang terbaik," harap Rio.

Pewarta: Monalisa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013