Saya orang pertama di Indonesia sebagai gubernur yang akan membuka SMK Unggulan Terbuka di Sulsel
Makassar (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Bahtiar Baharuddin menggagas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) unggulan terbuka pertama di Indonesia.

Bahtiar di Makassar, Jumat, mengatakan sekolah yang digagas ini khusus diperuntukkan bagi anak-anak tamatan SMP yang tidak bisa lanjut ke SMA atau SMK.

Menurut Bahtiar, pemerintah harus menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Saya orang pertama di Indonesia sebagai gubernur yang akan membuka SMK Unggulan Terbuka di Sulsel," ungkap Bahtiar.

Baca juga: Tingkatkan kualitas SDM, Jusuf Kalla ajak tiru sistem pendidikan India

SMK Unggulan Terbuka tersebut menjadi solusi bagi seluruh lulusan SMP yang belum sempat lanjut SMA atau SMK. Namun sekolah ini harus didukung fasilitas jaringan internet yang stabil agar muridnya bisa belajar dengan nyaman.

"Ini forum yang sangat keren. Kami di Sulsel sedang menyusun rencana pembangunan sampai 2045. Kami akan melakukan uji publik, bagaimana perencanaan anak muda di tahun 2045," katanya pada Dialog Akhir Tahun Upi Show Growth Digital Economic Beyond 2023 di Makassar.

Mengelola daerah sebesar Provinsi Sulsel, kata Bahtiar, dari Kabupaten Kepulauan Selayar sampai Luwu Timur, harus melihat apa yang ada di daratan dan di laut terlebih dahulu. Untuk itu ia fokus tiga sektor yakin pertanian, perikanan, dan peternakan.

"Sebagai Gubernur Sulsel, saya akan mengembangkan Sulsel menjadi daerah yang maju, mandiri, dan ekonomi biru. Untuk menuju ekonomi biru maka harus disiapkan pertanian, perikanan, dan peternakan. Inilah yang akan mengubah ekonomi masyarakat Sulsel," ujar Bahtiar Baharuddin.

Baca juga: Belajar tentang sutra, pelajar SMK Sulsel disiapkan ke India


 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023