Laba perseroan, hingga kuartal ketika tahun ini juga telah mencatatkan angka positif dibanding tahun 2022.
Jakarta (ANTARA) - Pencapaian pendapatan PT Maharaksa Biru Energi Tbk (OASA) hingga kuartal ketiga ketiga (per 30 September 2023) menunjukkan tren positif yang berasal dari kegiatan usaha pengelolaan dan pengolahan limbah.

"Demikian juga dengan laba perseroan, hingga kuartal ketika tahun ini juga telah mencatatkan angka positif dibanding tahun 2022," kata Direktur Utama PT Maharaksa Biru Energi Tbk Bobby Gafur Umar saat paparan publik tahunan perseroan 2023 melalui daring, di Jakarta, Jumat.

Dia menyebutkan, per 30 September 2023 perseroan berhasil membukukan pendapatan usaha sebesar Rp30,31 miliar, melambung jauh 3.688 persen dibanding perolehan pendapatan usaha tahun sebelumnya yang hanya Rp.808,5 juta. Sekaligus menjadikan perseroan sukses membalikkan rugi menjadi laba yang meroket 102 persen.

Bobby berharap, beberapa proyek perseroan yang saat ini sedang dibangun, sudah bisa mulai beroperasi paling lambat pertengahan tahun 2024, sehingga akan mampu menambah tebal kocek perseroan.

“Kami berharap, pertengahan tahun depan semuanya akan memberikan kontribusi pendapatan ke dalam kas perseroan,” ujarnya lagi.

Dia menjelaskan, kebijakan energi Indonesia dalam satu dasawarsa mendatang dipastikan akan mengandalkan energi terbarukan, dan akan bertumpu pada ekonomi kerakyatan serta lingkungan yang akan membawa dampak positif pada kinerja perseroan.

“Biomassa itu akan menjadikan Indonesia sangat kuat dalam bidang energi, karena kita memang didukung oleh potensi biomassa yang sangat besar. Kami optimistis, biomassa merupakan sumber energi terbarukan yang akan membawa dan menjadikan Indonesia kuat dan unggul,” kata Bobby.

Dia menjelaskan, Indonesia dalam dasawarsa mendatang akan terus melanjutkan kebijakan yang mengacu pada swasembada energi. Komitmen kemandirian energi tersebut akan dicapai dengan memacu capaian pengembangan energi terbarukan.

“Ini sudah sejalan dengan arah bisnis perseroan, karena perseroan sesungguhnya sudah berada di situ,” katanya pula.

PT Maharaksa Biru Energi Tbk (OASA) terus melaju dengan bisnis energi terbarukannya. Sejumlah proyek pengembangan biomassa sudah disepakati untuk segera dibangun dan siap beroperasi paling lambat semester pertama 2024. Beberapa lagi siap dioperasikan 2025.

Seluruh proyek energi terbarukan tersebut diharapkan dapat semakin menebalkan kocek perseroan, sekaligus membantu pemerintah dalam memacu pengembangan energi bersih, khususnya yang berbasis biomassa.

Bahkan, dengan beroperasinya semua pabrik pengolahan biomassa tersebut sekaligus menjadikan PT Maharaksa Biru Energi Tbk sebagai salah satu pemain utama bisnis biomassa di dalam negeri.
Baca juga: OASA garap peluang usaha biomassa dan bio-CNG di Blora
Baca juga: OASA targetkan jadi pemain utama biomassa di dalam negeri

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023