Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berharap debat cawapres ini akan membuat visi-misi pasangan calon Anies Baswedan-Cak Imin (AMIN) direspons positif oleh masyarakat.

"Tugas debat ini menyosialisasikan seluruh program-program visi-misi perjuangan AMIN, semoga mendapat respons positif dan dukungan dari masyarakat," kata Cak Imin kepada wartawan di kediaman dinasnya di Widya Chandra IV, Jakarta Selatan pada Jumat.

Cak Imin juga mengaku masih deg-degan menjelang debat ini karena dua cawapres lainnya adalah orang-orang berpengalaman.
 
"Ya, Pak Mahfud kan orang pengalaman, Pak Gibran juga punya pengalaman wali kota (Solo), ya pasti kita harus deg-degan," ujarnya.
 
Namun, ia enggan berkomentar siapa di antara Mahfud dan Gibran yang akan menjadi lawan terberat di debat tersebut.
 
Sementara itu, Anies Baswedan, yang mendatangi kediaman Cak Imin sebelum bertolak ke JCC, mengatakan bahwa calon wakil presidennya juga orang yang berpengalaman dan tidak perlu mendapat saran darinya.

"Wah, Gus Imin ini sudah berpengalaman sekali. Jadi kalau saya menyampaikan sesuatu itu malah ngajari ikan berenang," ujar Anies saat mendampingi Cak Imin.
 
Sebelum berangkat ke JCC, Cak Imin juga meminati doa dan restu dari ibunya, Muhasonah Iskandar.
 
"Pasti, kita mohon doanya," kata Cak Imin.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

KPU juga telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat peserta Pilpres 2024. Seluruh rangkaian debat akan dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.
 
Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Meski demikian, pasangan capres/cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.
 
Debat kedua untuk cawapres akan berlangsung pada tanggal 22 Desember 2023 dengan topik ekonomi, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, dan APBN.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023