Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengabadikan sejumlah nama para mantan gubernur menjadi nama jalan di wilayah itu sebagai tanda jasa kepada para pahlawan
Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) mengabadikan sejumlah nama para mantan gubernur menjadi nama jalan di wilayah itu sebagai tanda jasa kepada para pahlawan.

"Penamaan jalan dari Mataram ke Giri Menang Square dengan nama-nama gubernur yang telah berjasa kepada daerah secara resmi dinyatakan dimulai," kata Penjabat (Pj) Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi didampingi isteri selaku Ketua TP PKK NTB Lale Prayatni Gita Ariadi saat meresmikan langsung penamaan jalan pada program Jumat Salam di Lombok Tengah, Jumat.

Ia mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, seperti yang di ungkapkan presiden pertama Indonesia Soekarno.

"Ungkapan ini menjadi inspirasi Pemerintah Provinsi NTB untuk mengabadikan gubernur pendahulu yang telah berjasa membawa NTB melewati masa-masa sulitnya sebagai apresiasi penamaan ruas jalan," terangnya.

Tiga nama mantan gubernur yang menjadi nama ruas jalan, di antaranya A. Raden Mohammad Ruslan Tjakraningrat sebagai Gubernur NTB pertama yang memimpin NTB sejak 1 November 1958 hingga 23 September 1968.

Selanjutnya H. R. Wasita Kusumah gubernur kedua di NTB sejak 28 September 1968 sampai 30 Agustus 1978. Kemudian, H. Gatot Suherman yang merupakan gubernur ketiga, resmi memimpin sejak 30 Agustus 1978 hingga 30 Agustus 1998.

Baca juga: Gubernur NTB minta pelayanan wisatawan Gili Tramena menjadi prioritas

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Lalu Mohammad Faozal menjelaskan jalan Bypass BIL II (7.8 km), Tugu Mataram Metro-GMS (Giri Menang Square) Gerung diberi nama jalan. AR. Mohammad Ruslan Tjakraningrat.

Muhammad Ruslan Tjakraningrat merupakan gubernur pertama NTB. Memimpin saat situasi nasional belum stabil, dalam masa transisi dan pada situasi masih labil itulah AR. Muhammad Ruslan Tjakraningrat berhasil meletakkan pondasi pemerintahan yang baik di NTB.

Dengan menjalankan program pembangunan regional semesta berencana, fokus ke sektor pendidikan untuk pemberantasan buta huruf, serta sektor pertanian dan peternakan. Bahkan saat era itulah lahirnya Universitas Mataram.

Kedua, Bypass BIL I (30,4 kilometer) GMS Gerung - Bundaran BIZAM, diberi nama jala H. R. Wasita Kusumah. Gubernur kedua Provinsi NTB. Pada awal kepemimpinan-nya, sejumlah wilayah di NTB mengalami kelaparan dan kekurangan pangan. Khususnya di wilayah Selatan Pulau Lombok akibat gagal panen dalam periode yang lama. Untuk mengatasi itu, diluncurkan program Lumbung Paceklik setiap desa dan lumbung kemakmuran di tiap kecamatan.

Selain itu, untuk mendukung sektor pertanian, pemimpin yang dikenal dengan sebutan Gubernur Petani ini menginisiasi pembangunan Bendungan Batu Jai, Lombok Tengah. Gubernur petani tersebut, melakukan rehabilitasi irigasi Jurang Sate, serta mendirikan Bank Pembangunan Daerah yang kini dikenal dengan nama Bank NTB Syariah.

Ketiga, Jalan Bypass BIL Mandalika (17,3 KM) dari Bundaran BIZAM - Bundaran Songgong, diberi nama Jalan. H. Gatot Suherman. Saat kepemimpinannya H. Gatot Suherman masih menghadapi masalah rawan pangan.

Untuk mengatasi masalah itu, dimulai berbagai gerakan antara lain bimbingan massal bagi para pemilik lahan tadah di seluruh NTB. Ketika kekeringan melakukan proyek hujan buatan selama 12 hari untuk mengatasi kekeringan dan menyelamatkan pangan masyarakat.

Melalui kebijakan Gubernur H. Gatot Suherman inilah mulai dilakukan peningkatan produktivitas tanaman dengan sistem gogo rancah yang berhasil meningkatkan produksi pangan dari minus menjadi surplus, sehingga NTB dikenal sebagai provinsi Bumi Gora (Bumi Gogo Rancah).

Penggunaan nama-nama gubernur pendahulu sebagai penamaan ruas jalan juga menjadi kado HUT NTB pada 17 Desember 2023. Selanjutnya, untuk nama-nama jalan yang digantikan ini, pada Januari 2024 Dinas Perhubungan NTB akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat di sepanjang jalan tersebut untuk menyesuaikan kembali data kependudukan, pertanahan dan lainnya.

Baca juga: Gubernur NTB terima Anugerah Provinsi Informatif

Baca juga: Gubernur NTB luncurkan logo Gili Balu Sumbawa Barat

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023