Mulai tanggal 21 Desember-7 Januari sekitar 800.000-1.000.000 pengunjung diperkirakan akan mengunjungi Solo dan Jogja.
Solo (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyebut puluhan ribu orang akan memanfaatkan commuter line selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Mulai tanggal 21 Desember-7 Januari sekitar 800.000-1.000.000 pengunjung diperkirakan akan mengunjungi Solo dan Jogja," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba, di Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Terkait hal itu, katanya pula, commuter line akan menjadi salah satu moda transportasi pilihan masyarakat untuk bisa berkunjung ke Solo maupun ke Yogyakarta.

Pihaknya memperkirakan pada tanggal 26 Desember, jumlah pengguna commuter line Solo-Jogja akan di kisaran 25.000 orang. Bahkan pada puncaknya jumlah pengguna commuter line rute tersebut bisa mencapai 28.000 penumpang.

Oleh karena itu, pihaknya menambah perjalanan commuter menjadi 30 perjalanan setiap hari terhitung mulai 21 Desember 2023-3 Januari 2024, dengan penambahan sepuluh perjalanan pada hari kerja dan enam perjalanan pada akhir pekan.

Khususnya di Solo, pembukaan Solo Jebres dan Palur untuk commuter ini cukup membantu mengurai kepadatan penumpang di Stasiun Solobalapan.

"Sebelumnya Stasiun Solobalapan menjadi yang paling padat, yakni 4.000 pengguna/hari khusus commuter, sekarang rata-rata 2.000 orang," katanya pula.

Untuk memastikan kenyamanan para penumpang, pihaknya melakukan penambahan gate, petugas, serta kerja sama dengan TNI/Polri, Basarnas.

Sementara itu, terkait dengan protokol kesehatan di dalam commuter line, katanya lagi, hingga saat ini masih bersifat imbauan dan bukan kewajiban.

"Cuci tangan, yang kurang enak badan agar pakai masker karena banyak lansia dan anak kecil yang naik commuter. Ini sifatnya masih mengimbau," katanya lagi.
Baca juga: PT KAI yakin aplikasi C-Access semakin mempermudah para pelanggannya
Baca juga: KAI uji coba akses baru pengguna Commuter Line di Stasiun Yogyakarta

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023