realisasi regenerasi tersebut akan menjadi jalan untuk menuju ITS yang lebih baik lagi
Surabaya (ANTARA) - Ir. Bambang Pramujati, ST., MSc.Eng., Ph.D., IPU., AEng., terpilih sebagai Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya periode 2024-2029 berdasarkan hasil rapat pleno Majelis Wali Amanat (MWA) ITS.

"Keputusan ini diambil berdasarkan pemungutan suara MWA ITS terhadap tiga calon rektor yang telah tersaring sebelumnya di tingkat Senat Akademik ITS," ujar Ketua MWA ITS Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA., dalam keterangan di Surabaya, Jumat.

Lelaki yang kerap disapa Nuh ini menambahkan, pada total 23 hak suara turut mencakup suara Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) RI.

Melalui tahap ini, Bambang Pramujati yang berasal dari Departemen Teknik Mesin memperoleh 15 suara, Agus Muhammad Hatta, ST., MSi., Ph.D., dari Departemen Teknik Fisika sebanyak 6 suara, dan Dr. Machsus, ST., MT., dari Departemen Teknik Infrastruktur Sipil mendapat 1 suara.

Baca juga: Pembelajaran berbasis digital ITS raih penghargaan dari Unesco
Baca juga: ITS kukuhkan 27 guru besar baru sekaligus


Meski keputusan akhir diambil melalui pemungutan suara, mantan Mendikbud RI tahun 2009-2014 ini mengatakan bahwa hasil yang didapatkan tetap selaras dengan mufakat atas harapan untuk memajukan ITS.

"Setiap tahapan proses dalam ajang demokrasi ITS ini telah berjalan sesuai dengan asas pemilihan rektor. Mulai dari kebersamaan, transparansi dan akuntabel, meritokrasi, hingga musyawarah untuk mufakat," katanya.

Melanjutkan paparannya, Nuh mengatakan bahwa dalam setiap proses yang berjalan seluruh calon rektor telah menunjukkan kegigihan untuk melanjutkan dan terus meningkatkan kualitas ITS. Menurutnya, berbagai inovasi yang diusung memiliki andil untuk mencapai kemandirian finansial ITS.

"Tentunya, seluruhnya akhirnya bermuara pada visi bersama untuk mewujudkan ITS sebagai tonggak menuju Indonesia Emas 2045," ucapnya.

Baca juga: ITS luncurkan tujuh alat kesehatan manfaatkan teknologi digital
Baca juga: ITS gandeng dua instansi luncurkan inovasi kapal "autonomous"


Nuh merincikan serangkaian tahap pemilihan rektor yang telah dimulai sejak Agustus 2023 lalu. Adapun rangkaian tersebut dimulai dari sosialisasi, kemudian tahap penjaringan aspirasi 20 pendaftar bakal calon rektor, penyaringan lima bakal calon rektor, penyaringan tiga calon rektor, hingga pemungutan akhir rektor terpilih.

Dalam seluruh tahapan ini, Nuh turut mengapresiasi partisipasi dan antusiasme sivitas akademika ITS yang turut menjadi faktor kunci keberhasilan pemilihan rektor ITS periode ini.

Rektor ITS yang terpilih nantinya akan mulai melaksanakan tugasnya mulai April 2024 mendatang. Terakhir, Nuh berharap regenerasi ITS ini akan terus berjalan dengan baik.

"Saya meyakini bahwa realisasi regenerasi tersebut akan menjadi jalan untuk menuju ITS yang lebih baik lagi. Tentunya untuk kemajuan ITS dan kemajuan bangsa Indonesia," ujar Guru Besar Teknik Biomedik ITS itu.

Baca juga: Guru Besar ITS raih Top 2% Scientist in The World 2023
Baca juga: 20 orang terseleksi jadi bakal calon Rektor ITS periode 2024-2029
Baca juga: Tim ITS raih peringkat 3 dalam Shell Eco-marathon World Championship

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023