Jakarta (ANTARA) - Puluhan penyandang disabilitas mengikuti nonton bareng (nobar) debat calon wakil presiden dengan relawan pasangan calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Mahfud Md di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud 2024 di Jakarta, Jumat malam.

Penyandang disabilitas rungu dan wicara yang mendominasi kelompok tersebut, menyimak seorang penerjemah bahasa isyarat pun terlihat berdiri di depan mereka untuk menjelaskan topik pembicaraan yang tengah berlangsung.

Mereka tampak antusias sambil membuat simbol jari nomor urut Ganjar-Mahfud di lokasi nonton bareng, sebagai bentuk dukungan pada pasangan calon tersebut, terutama Mahfud Md.

Sekretaris Tim Koordinasi Relawan Pemenangan Pilpres (TKRPP) Deddy Yevri Sitorus, Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Eko Sulistyo hingga Jubir TPN Seno Baskoro telah terlihat hadir di acara nobar.

Putra calon presiden Ganjar Pranowo, Alam Ganjar juga dijadwalkan akan hadir di lokasi acara nobar.

Sebelum acara nobar dilaksanakan, tuan rumah memutar video berisi visi dan misi capres-cawapres nomor urut tiga Ganjar Pranowo serta Mahfud Md.

Tuan rumah juga memutar video tentang kegiatan Ganjar dan Mahfud selama masa kampanye yang didampingi ribuan sukarelawan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin 13 Desember 2023.

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antarcapres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga: Cak Imin buka debat bicara disrupsi sebagai awal perubahan
Baca juga: Baju adat hingga jas jadi pilihan para cawapres pada debat kedua

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023