ayah harap bisa segera bertemu denganmu, tapi yang paling ayah inginkan adalah kamu aman. Ayah ingin kamu mendapat tempat yang aman"
Moskow (ANTARA News) - Ayahanda buronan intelijen AS Edward Snowden berpesan pada anaknya lewat televisi nasional  Rusia bahwa dia tak berkeberatan jika Snowden tinggal di Rusia sepanjang itu aman baginya.

"Edward, saya harap kamu menyaksikan ini. Keluargamu baik-baik saja. Kami menyayangimu. Kami berharap kamu sehat, kami harap kamu baik-baik saja, ayah harap bisa segera bertemu denganmu, tapi yang paling ayah inginkan adalah kamu aman. Ayah ingin kamu mendapat tempat yang aman," kata Lon Snowden dalam wawancara yang disiarkan saluran Rossiya24.

Edward Snowden bersembunyi di bandara Sheremetyevo luar kota Moskow sejak 23 Juni lalu, saat dia terbang dari Hongkong setelah membocorkan informasi mengenai program mata-mata AS.  Saat ini dia menanti jawaban atas permohonan suaka sementaranya di Rusia.

AS menekan Rusia untuk memulangkan mantan kontraktor Dewan Keamanan Nasional (NSA) yang diincar Washington untuk diadili.

Dalam wawancara yang dialihbahasakan ke dalam Bahasa Rusia, Lon Snowden berharap anaknya kembali ke negerinya suatu hari nanti.

Dia mengakui saat ini tidak ada jaminan akan ada peradilan fair untuk Snowden di AS dan oleh karena itu dia setuju dengan keputusan anaknya untuk bertahan di Rusia, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013