Untuk setiap (barang) yang kita punyai, mau dimasukkan ke dunia global, itu sudah jelas standar-nya bisa diterima
Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 3 Mohammad Mahfud Md menyiapkan tiga strategi yang perlu dilakukan untuk meningkatkan kinerja ekspor Indonesia.

"Saya sudah berdiskusi dengan mas Ganjar. Ada tiga hal yang menjadi strategi kami," kata Mahfud saat menjawab pertanyaan panelis dalam debat kedua Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat malam.

Strategi yang pertama, kata dia, yakni mendorong diplomasi ekonomi para duta besar yang ada di luar negeri.

Hal itu, menurut dia, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo yang menyebut bahwa duta besar merupakan agen diplomasi ekonomi dengan negara-negara lain.

Baca juga: Mahfud: Regulasi rumit hambat RI dapat banyak investasi dari investor

Baca juga: Mahfud Md ragukan wacana pembangunan 40 kota selevel Jakarta


Kedua, bersama Ganjar Pranowo, Mahfud akan mengintegrasikan perdagangan nasional dengan perdagangan global, sehingga kualitasnya akan memenuhi standar internasional.

"Untuk setiap (barang) yang kita punyai, mau dimasukkan ke dunia global, itu sudah jelas standar-nya bisa diterima," tutur Mahfud.

Strategi yang ketiga, sambung dia, yaitu mendorong penguatan ekonomi nasional agar terus tumbuh dan memiliki daya saing.

"Kami mengutamakan penguatan ekonomi nasional agar bisa tumbuh ke dalam dan kualitasnya bisa diterima di luar negeri," pungkas Mahfud.

Selepas debat pertama antar-capres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023