20 napi Tanjung Gusta dipindah ke Pematangsiantar

20 napi Tanjung Gusta dipindah ke Pematangsiantar

Pemindahan Napi Tanjung Gusta Personel Polri dan TNI membawa seorang napi ketika proses pemindahan para narapidana di Lapas Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumut, Rabu (31/7). Sebanyak 118 napi yang dianggap menjadi provokator kerusuhan dipindahkan ke sejumlah lapas di Sumut dan Nusakambangan. (ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi)

Simalungun (ANTARA News) - Sebanyak 20 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjung Gusta Medan, Sumatera Utara, di relokasi ke LP Klas II Pematangsiantar, Jalan Sang Nauwaluh, Kabupaten Simalungun, Rabu.

"Ya...mereka (narapidana Tanjung Gusta Medan) sampai ke sini (LP Pematangsiantar) pagi tadi, kira-kira jam delapan," kata Kepala LP Klas II Pematangsiantar Marasidin Siregar melalui Kasubsi Keamanan Bilson Sihombing.

Pihak LP kata Bilson, langsung melakukan pencerahan kepada 20 narapidana relokasi untuk berbaur dan mematuhi ketentuan di lingkungan baru.

"Kepada warga binaan kami imbau untuk menerima ke 20 napi dan menganggap sebagai saudara," kata Bilson untuk antisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Bilson menyebutkan 18 dari 20 warga binaan baru itu terjerat kasus narkoba, selebihnya kasus pencurian dengan hukuman dan pidana denda bervariasi.

Dengan bertambahnya penghuni baru, saat ini warga binaan di LP Pematangsiantar tercatat mencapai 550 orang dan tahanan titipan dari kepolisian, kejaksaan dan pengadilan 338 orang.

"Jumlah ini melebihi kapasitas LP Pematangsiantar sebanyak 500 orang, hampir mencapai seratus persen kelebihannya, tidak sebanding dengan personil yang ada," ujar Bilson.

Makanya untuk tetap menciptakan situasi yang kondusif kata Bilson, LP Pematangsiantar menerapkan pendekatan secara kekeluargaan kepada warga binaan dalam menjalankan program.

"Sampai saat ini masih aman, tidak terprovokasi seperti di daerah lain. Ini juga didukung rasa kesadaran dan kekerabatan antar warga binaan," ujar Bilson.

Pewarta: Waristo
Editor: Desy Saputra
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar