Kupang (ANTARA News) - Wakil Presiden RI Boediono dipastikan tidak bisa menghadiri acara pelepasan peserta Sail Komodo di Pantai Kupang Nusa Tenggara Timur yang dijadwalkan berlangsung Sabtu (3/8) mendatang.

"Peserta Sail Komodo akan dilepas oleh Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat RI Agung Laksono," kata Ketua Panitia Daerah Sail Komodo 2013 Frans Salem di Kupang, Rabu.

Dia mengatakan, kepastian ketidakhadiran Wakil Presiden RI Boediono untuk acara tersebut diperoleh dari Sekretariat Wapres.

Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur ini mengatakan, jika pun dalam perjalanan kedepan, Menkokesra Agung Laksono berhalangan, maka akan diganti oleh Ketua Panitia Nasional Sail Komodo 2013 Cicip Sutardjo yang juga Menteri Kelautan dan Perikanan RI.

Frans menyampaikan, walau belum semua peserta Sail Komodo tiba di Kupang sebagai titik start, tapi panitia telah melakukan penyambutan secara resmi pada Selasa (30/7).

Diharapkan, paling lambat hari ini semua peserta sudah tiba di Kupang.

"Penyambutan yang dilakukan oleh panitia hanya dengan mengalungkan selendang dan pengenaan Ti'I Langga (topi khas Rote Ndao) kepada semua peserta Sail Komodo," katanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pariwisata Kota Kupang Otniel Pello mengatakan, hingga Rabu (31/7) suah ada 42 perahu layar (yacht) dari 87 perahu layar yang harus tiba di Kota Kupang.

Dia mengatakan, jumlah negara yang menjadi peserta Sail Komodo 2013 tercatat 15 negara dengan 117 yacht.

"Untuk yang di Kota Kupang masih harus menunggu 45 yacth lagi. Kita harap sudah bisa tiba dalam beberapa waktu ke depan sebelum pelepasan," katanya.

Selama berada di kota Kupang, kata dia, ada sejumlah kegiatan yang dilakukan di antaranya, pagelaran seni budaya dan pameran kerajinan serta makan khas lokal.

Terkait rute perjalan sailor hingga ke titik puncak di Labuan Bajo pada 14 September mendatang, Otniel mengatakan akan ditempuh dalam dua rute utara dan selatan.

Untuk rute utara meliputi Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) dengan dermaga labuh di Wini, Kabupaten Alor di Teluk Gurita, Lembata di Lewoleba, Flores Timur di Larantuka, Kabupaten Sikka di Kewapante, Kabupaten Ende di Maurole, Nagekeo di Marapokot, Kabupaten Ngada pelabuhan sandaran di Labuan Riung.

Sedangkan untuk rute Selatan melalui Kabupaten Rote dengan pelabuhan labu di Ba'a, Sabu Raijua di Seba, Sumba Timur di pelabuhan lama Waingapu, Sumba Barat Daya dan Sumba Barat di Waikelo, Manggarai Timur di Borong dan berakhir di Manggarai Barat di Labuan Bajo.

Pewarta: Yohanes Adrianus
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013