Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan mengguyur mayoritas kota besar di wilayah tengah dan timur Indonesia dari mulai Pulau Kalimantan, Maluku, hingga Papua. 

Prakirawan BMKG Yuni Maharani mengatakan ada bibit siklon tropis 18W di Laut China Selatan dengan kecepatan angin berkisar 20 knot dan tekanan di pusat sebesar 1.003 hektopascal.
 
"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan hujan di sekitar bibit siklon tropis dan mampu meningkatkan ketinggian gelombang di sekitar wilayah tersebut," ujarnya dalam penyataan yang dikutip di Jakarta, Sabtu.
 
Di Papua, BMKG memprediksi seluruh kota di Maluku dan Papua berpotensi turun hujan dengan intensitas ringan di Ternate, Manokwari, Ambon, dan Jayapura.
 
Bergeser ke Pulau Sulawesi, hujan ringan diprediksi turun di Gorontalo, Palu, Makassar, dan juga Mamuju. Hujan sedang di Kendari dan waspada hujan disertai petir ataupun kilat terdapat di Manado.
 
Kemudian beralih ke Pulau Kalimantan, kota-kota besar di sana juga berpotensi turun hujan hari ini. Hujan ringan terdapat di Palangka Raya dan Samarinda.
 
Hujan sedang diprediksi mengguyur Pontianak, lalu hujan disertai petir ada di Banjarmasin dan Tanjung Selor.
 
BMKG memprakirakan wilayah Kepulauan Sunda Kecil ada yang berawan, yaitu Denpasar. Sedangkan, Mataram dan Kupang berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan.
 
Di Pulau Jawa, hujan diprediksi turun di Jakarta dan Bandung itu pun hanya hujan ringan. Sementara itu, cuaca cerah berawan dan berawan menyelimuti langit di Serang, Semarang, Yogyakarta, dan juga Surabaya.
 
Adapun untuk Pulau Sumatra diprediksi hujan ringan terdapat di Banda Aceh, Pangkal Pinang, dan Bengkulu. Hujan sedang di Medan dan hujan lebat di Bandar Lampung.
 
BMKG mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai hujan disertai petir yang berpotensi terjadi di Padang, Pekanbaru, Tanjungpinang, Palembang, dan Jambi.
 
Selain prakiraan cuaca, BMKG juga melaporkan prakiraan angin permukaan.
 
Di wilayah selatan Indonesia umumnya didominasi angin yang bertiup dari selatan hingga barat. Sedangkan untuk wilayah utara umumnya bertiup dari timur laut dengan kecepatan angin bergerak 10 hingga 50 kilometer per jam.
 
Suhu udara di kota-kota besar di wilayah Indonesia berkisar 20 hingga 36 derajat Celcius dengan kelembaban udara berkisar 45 hingga 100 persen.
 
Selanjutnya, prakiraan tinggi gelombang untuk wilayah Indonesia umumnya 1,25 hingga 2,5 meter.
 
BMKG mengingatkan masyarakat khususnya yang berprofesi sebagai nelayan untuk mewaspadai ketinggian gelombang laut antara 2,5 hingga 4 meter yang diperkirakan berada di Samudera Pasifik Utara Halmahera bagian utara, perairan Utara Anambas, dan perairan Utara Natuna.
 
Kemudian, gelombang tinggi juga diperkirakan terjadi di perairan Utara Sabang, perairan Sabang hingga perairan Selatan Anambas, perairan barat Natuna, dan perairan Subi hingga Serasan, serta gelombang laut 4 hingga 6 meter di Laut Natuna Utara.

Baca juga: BMKG: Sejumlah provinsi diprakirakan hujan disertai petir hari ini

Baca juga: BMKG prakirakan mayoritas hujan turun di tengah hingga timur Indonesia

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat disertai angin kencang di Banten hari ini

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023