Beberapa kebijakan mengenai pengisian BBM telah diatur oleh pemerintah daerah setempat dan didukung oleh badan usaha penugasan.
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Eman Salman Arief mengunjungi sejumlah fasilitas di Kalimantan Timur untuk memastikan kesiapan pasokan dan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Menurut dia, dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu, kelancaran penyediaan dan pendistribusian BBM menjadi kunci bagi masyarakat menjelang momen perayaan hari besar keagamaan termasuk Natal dan tahun baru.

Eman mengunjungi dan memantau langsung proses penyaluran BBM di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) wilayah Balikpapan, jalan tol, dan Terminal BBM Samarinda, dalam rangkaian kegiatan pengawasannya di Kalimantan Timur selama Senin-Selasa (18-19/12/2023).

"Beberapa kebijakan mengenai pengisian BBM telah diatur oleh pemerintah daerah setempat dan didukung oleh badan usaha penugasan," katanya.

Baca juga: Dampingi Menteri ESDM, Kepala BPH Migas pantau stok BBM jelang Natal

Eman melanjutkan penerapan kebijakan tersebut merupakan salah satu cara untuk menertibkan kendaraan dalam mengisi bahan bakar, utamanya menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Beberapa lembaga penyalur di Balikpapan telah diatur hanya memperbolehkan kendaraan roda 2 untuk mengisi bahan bakar jenis Pertalite.
 
Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Eman Salman Arief mengunjungi SPBU di wilayah Balikpapan dalam rangkaian kegiatan pengawasannya di Kalimantan Timur selama Senin-Selasa (18-19/12/2023) guna memastikan kesiapan pasokan dan ketersediaan bahan bakar minyak (BBM) menjelang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. ANTARA/HO-Humas BPH Migas/am.


Demikian pula, tambahnya, beberapa SPBU di Samarinda untuk pengisian Pertalite roda 4 diatur berjadwal.

Saat kunjungan ke Fuel Terminal (FT) atau Terminal BBM (TBBM) Pertamina di Samarinda, menurut Eman, Pertamina juga telah mengantisipasi penyaluran BBM dalam keadaan aman selama Natal dan tahun baru berlangsung.

"TBBM Samarinda akan melakukan pengaturan penyaluran hingga sore hari untuk mengantisipasi apabila terdapat kemacetan dan antisipasi apabila terjadi kebakaran yang disebabkan oleh faktor eksternal," jelasnya.

Dalam pemantauannya, Eman pun memastikan stok BBM di Fuel Terminal Samarinda dalam kondisi aman.

Baca juga: BPH Migas: Surat rekomendasi permudah konsumen manfaatkan BBM subsidi
Baca juga: BPH Migas jadi Koordinator Posko Nasional ESDM untuk Natal-Tahun Baru

Prediksi penyaluran selama masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diperkirakan mencapai puncak pada 22-24 Desember 2023 untuk arus mudik dan 3-5 Januari 2024 saat arus balik.

Hadir pada kegiatan pengawasan SPBU oleh BPH Migas di Balikpapan, Sales Area Manager PT Pertamina Patra Niaga Kalimantan Timur-Utara Ayub Ritto, sementara saat kunjungan ke Fuel Terminal Samarinda, dihadiri antara lain Manager Fuel Terminal Samarinda Erik Imam Kasmianto.

Sejumlah Sales Branch Manager Pertamina Patra Niaga yaitu Ferry Chandra, Imam Bukhari, Irfan Utomo, dan Maulana Dani Yusuf juga turut hadir dalam rangkaian kegiatan tersebut.

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023