Jakarta (ANTARA) - Masa kampanye pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam kontestasi Pemilu 2024 memasuki hari ke-25, pada Jumat (22/12), serta ketiga pasangan tersebut memiliki agendanya masing-masing.

Sebelumnya KPU pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pasangan Anies-Muhaimin

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan mendatangi rumah kediaman calon wakil presidennya Muhaimin Iskandar atau Cak Imin di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan jelang debat cawapres di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.

Anies datang dengan didampingi oleh sang istri, Fery Farhati dan disambut oleh Waketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid. Selang 15 menit kemudian, ibunda Cak Imin Muhasonah Iskandar juga tiba di kediaman puteranya.

Setelah itu, mereka mengikuti debat cawapres perdana yang diselenggarakan oleh KPU RI di Balai Sidang Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan.

Cak Imin menekankan konsep "slepetnomics" bisa menjadi solusi pembangunan ekonomi Indonesia yang adil dan makmur, sehingga berdampak merata untuk seluruh masyarakat.

Pasangan Prabowo-Gibran

Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto tidak mengambil cuti dan tetap melaksanakan kegiatan rutinnya sebagai Menteri Pertahanan RI menjelang pelaksanaan debat kedua Pilpres 2024.

Prabowo pun melaksanakan ibadah Salat Jumat bersama pegawai kementerian di Kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta. Setelah itu, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengikuti debat cawapres perdana yang diselenggarakan oleh KPU RI di Balai Sidang Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan.

Gibran bicara soal Indonesia Emas 2045 yang harus dicapai dengan kerja keras. Gibran menyebut kondisi demografi menjadi peluang untuk meningkatkan produktifitas nasional.

Pasangan Ganjar-Mahfud

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud Md mengawali kampanye dengan hadir dalam rangkaian Hari Ibu di Hermitage. Dalam agenda tersebut, Mahfud berkomitmen akan memajukan perempuan Indonesia.

Setelah menghadiri rangkaian Hari Ibu, Ganjar Pranowo-Mahfud Md mengikuti debat cawapres perdana yang diselenggarakan oleh KPU RI di Balai Sidang Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan.

Ganjar-Mahfud akan menyiapkan anggaran sebesar Rp2.500 triliun untuk merealisasikan 21 program unggulan jika memenangi Pilpres 2024.

Anggaran tersebut akan digunakan untuk memimpin bangsa Indonesia dalam lima tahun ke depan.

Baca juga: KPU harap debat perdana cawapres dapat pengaruhi pilihan rakyat
Baca juga: KPU buka debat cawapres perdana Pemilu 2024
Baca juga: KPU akan tegur lagi Gibran soal ajakan bersorak saat debat kedua

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023