Karena sekarang udah libur mungkin ya, jadi orang-orang udah pada mudik, liburan keluar kota
Jakarta (ANTARA) -
Pusat Grosir Asemka di Jakarta Barat, Sabtu, tampak sepi pengunjung pada dua hari menjelang Perayaan Natal 2023.
 
Salah seorang pedagang aksesoris wanita bernama Medi mengaku sepinya pembeli telah dirasakannya sejak bulan Agustus 2023. Menurutnya, hal tersebut disebabkan para pembeli yang lebih memilih untuk berbelanja secara daring.
 
"Belanja ke pasar sini kan pakai ongkos (transportasi), di online (daring) ga pakai ongkos lebih murah lagi," kata Medi saat ditemui di Pusat Grosir Asemka Jakarta Barat, Sabtu.
 
Dia mengaku saat ini hanya menerima omzet rata-rata Rp1,5 juta per hari, menurun dibandingkan pada tahun sebelumnya yang dapat mencapai Rp10 juta.
 
Keluhan serupa juga disampaikan pedagang kosmetik bernama Pipit. Dia mengaku dagangannya sepi pembeli sejak 5 bulan terakhir. Menurutnya, sepinya pengunjung membuat sejumlah pedagang memutuskan untuk menutup tokonya.

Baca juga: Pedagang: Pasar Tanah Abang ramai pengunjung saat akhir pekan
 
"Tahun lalu alhamdulillah (ramai), sekarang (omzet) menurun hampir 80 persen, banyak yang tutup toko juga. Mau dapetin uang Rp100 ribu, Rp200 ribu sekarang bener-bener susah, pengunjungnya juga ga ada kan," ujarnya.
 
Pedagang aksesoris wanita lainnya bernama Arman mengatakan pengunjung Pasar Asemka sepi karena masyarakat Jakarta banyak yang melakukan mudik saat masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.
 
"Karena sekarang udah libur mungkin ya, jadi orang-orang udah pada mudik, liburan keluar kota," kata Arman.
 
Berdasarkan pantauan ANTARA di Pusat Grosir Asemka pada pukul 13.00 WIB lantai basement yang didominasi oleh pedagang aksesoris wanita dan kosmetik tampak lengang.
 
Terlihat hanya beberapa pengunjung dan pekerja yang membawa paket berisi aksesoris lalu lalang di area pasar.
 
Sementara itu, para pedagang terlihat menjaga tokonya sembari menunggu pembeli datang. Kemudian, terdapat sejumlah pedagang yang tengah menyiapkan dan mengemas barang dagangannya.

Baca juga: Pembeli di Tanah Abang lebih puas belanja langsung dibanding "online"

Baca juga: Jelang Natal, Pasar Tanah Abang tampak sepi pengunjung

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023