Yang pasti, Pasar Tanah Abang ini ramainya pas Sabtu dan Minggu, kalau hari lainnya biasa-biasa saja
Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pedagang di Pasar Tanah Abang Jakarta mengatakan bahwa pasar tersebut ramai dikunjungi pembeli pada setiap akhir pekan, sementara saat hari kerja, kunjungan biasa-biasa saja.

"Yang pasti, Pasar Tanah Abang ini ramainya pas Sabtu dan Minggu, kalau hari lainnya biasa-biasa saja," kata Said, salah satu pedagang di pasar tersebut pada Sabtu (23/12).

Setelah sebelumnya tampak sepi di pagi hari, suasana di sekitar Blok A dan Blok B pada sekitar pukul 11.00 WIB mulai terlihat ramai. Ratusan pengunjung tampak berdatangan ke Pasar Tanah Abang.

Ramai pengunjung yang datang pada hari ini, Sabtu (23/12), kata Said, tidak terkait dengan libur Natal yang jatuh pada 25 Desember 2023.

Ramai pengunjung di Pasar Tanah Abang, kata dia, lebih terkait dengan libur akhir pekan.

Baca juga: Pembeli di Tanah Abang lebih puas belanja langsung dibanding "online"

Baca juga: Jelang Natal, Pasar Tanah Abang tampak sepi pengunjung


Dian, pedagang lain di pasar tersebut, mengaku hanya bisa menjual puluhan barang dagangannya. Sementara saat akhir pekan, dia bisa menjual ratusan potong pakaian.

"Kalau hari biasa (Senin-Jumat) cuma terjual puluhan. Tapi kalau Sabtu-Minggu, bisa jual ratusan (pakaian)," kata dia.

Sebagian besar pembeli yang datang ke tokonya, kata Dian, adalah pemborong yang datang dari luar kota. Sementara pembeli yang membeli barang secara eceran tidak terlalu banyak.

Sementara itu, pedagang lain bernama Yanti mengatakan bahwa pengunjung yang ramai datang ke Pasar Tanah Abang, menurut dia, tidak selalu datang untuk berbelanja.

"Yang datang banyak, tapi yang beli sedikit. Kalau saya lihat, mereka datang cuma untuk melihat-lihat," katanya.

Dari beberapa barang dagangan yang dia jual, mulai dari baju gamis, baju koko, dan baju Muslim anak, baju gamis lebih banyak dibeli pengunjung.

Baca juga: Mendag sebut Pasar Tanah Abang mengalami peningkatan pembeli

Baca juga: Teten: Tak tepat kalau e-commerce ditutup semua karena pasar sepi

Pewarta: Katriana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023