semoga program ini dapat bermanfaat dan juga dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang akan terjadi selama masa Natal dan tahun baru
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perhubungan berupaya mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas akibat masifnya pergerakan masyarakat di momen liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan menyediakan mudik gratis ke 11 kota.

"Ini adalah sebagai bentuk kepedulian dan kehadiran negara untuk memfasilitasi masyarakat, semoga program ini dapat bermanfaat dan juga dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang akan terjadi selama masa Natal dan tahun baru" kata Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub Robby Kurniawan saat melepas bus mudik gratis di Terminal Pulogebang Jakarta Timur seperti dikutip dari keterangan di Jakarta, Sabtu.

Kepala BKT Robby menyampaikan masih tingginya kecelakaan lalu lintas membuat Menteri Perhubungan atas arahan Presiden mengambil suatu kebijakan untuk mengadakan program mudik gratis di masa Natal dan tahun baru.

Dia menyampaikan apresiasi kepada semua pihak dan pemangku kepentingan dari Organda, TNI-Polri, Dinas Perhubungan serta semua pihak terkait yang telah mendukung dan melaksanakan program mudik gratis dengan baik.

Baca juga: Kemenhub sasar 117 perumahan untuk menggunakan transportasi massal

Baca juga: 420 pemudik di Batam ikut program mudik gratis dari Kemenhub-Pelni


"Kami doakan semoga bapak-bapak ibu-ibu sekalian yang akan melakukan perjalanan tetap sehat dalam perjalanan selamat sampai tempat tujuan berjumpa dengan keluarga dan kemudian nanti pada saatnya lagi bisa kembali ke sini dalam keadaan sehat walafiat juga," ucapnya.

Senada. Plt. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Suharto menyampaikan bahwa penyelenggaraan Mudik Gratis Natal dan tahun baru ini kembali digelar setelah melalui masa COVID-19 karena memperhatikan hasil survei BKT.

"Mudik gratis ini untuk memberikan pelayanan sekaligus ini demi menjaga ketertiban, kami juga sudah berkali-kali mengimbau adanya mudik gratis ini untuk masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan pribadi khususnya menggunakan sepeda motor karena tingkat fasilitas paling tinggi adalah penggunaan sepeda motor makanya kami akan hadir untuk memberikan kenyamanan keamanan bermasyarakat," tutur Suharto.

Adapun 11 kota tujuan mudik gratis yang disediakan Kemenhub adalah Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang dan Madiun.

Berdasarkan rencana dan operasi, kuota mudik gratis berjumlah 3.600 peserta dengan jumlah bus sebanyak 90 unit. Bus itu terbagi menjadi sebanyak 27 bus diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan dan 63 bus lainnya diberangkatkan dari Terminal terpadu Pulogebang pada waktu yang sama.

Selain mudik gratis, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga telah menyediakan sarana truk pengangkut sepeda motor yang sudah diberangkatkan pada 22 Desember 2023 kemarin dari Terminal tipe A Pondok Cabe Kota Tangerang.

Baca juga: Menhub minta beri perhatian khusus untuk perjalanan wisata

Baca juga: Menhub instruksikan petugas pastikan penumpang KA terlayani baik


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023