Tiketnya cukup terjangkau jadi lebih hemat, terus tepat waktu juga sampai tujuan jam berapa. Beda kalau naik mobil atau bus, karena libur panjang begini takutnya macet jadi lebih capek di perjalanannya
Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah calon penumpang memadati Stasiun Gambir pada Sabtu, untuk bepergian menikmati libur Natal dan Tahun Baru 2023 ke berbagai tujuan seperti Bandung, Semarang, Malang, hingga Yogyakarta. Beberapa di antara mereka ternyata kerap mengandalkan kereta sebagai moda transportasi.
 
 
 
Ami (35), misalnya. Ia mengatakan, kereta telah menjadi moda transportasi andalannya ketika hendak bepergian karena harga tiket yang terjangkau dan tepat waktu.
 
 
 
"Tiketnya cukup terjangkau jadi lebih hemat, terus tepat waktu juga sampai tujuan jam berapa. Beda kalau naik mobil atau bus, karena libur panjang begini takutnya macet jadi lebih capek di perjalanannya," ujar Ami di Stasiun Gambir Jakarta, Sabtu.
 
 
 
Ami yang hendak berlibur akhir tahun ke Yogyakarta bersama keluarganya itu mengatakan, ia telah membeli tiket kereta jauh-jauh hari secara daring agar tidak kehabisan. Bahkan, ia juga sudah memesan tiket pulang ke Jakarta untuk pemberangkatan awal Januari.
 
 
 
"Memang sudah direncanakan juga mau habiskan cuti di akhir tahun, jadi langsung cepet beli tiket. Alhamdulillah enggak ada masalah (saat beli tiket)," katanya.
 
 
 
Sementara itu, Nida (28) juga sering mengandalkan kereta untuk bepergian karena kenyamanan selama perjalanan, di samping harga tiket yang terjangkau dan ketepatan waktu.
 
 
 
"Kalau naik kereta jalannya mulus, jadi kalau mau tidur atau sambil ngapa-ngapain di perjalanan gitu lebih enak. Terus juga bisa sambil lihat-lihat pemandangan," tutur Nida yang hendak pergi menemui sanak saudaranya di Bandung.
 
 
 
Selama periode Natal dan Tahun Baru pada 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024, PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menjalankan 73 KA per hari, dengan rincian 39 KA dari Stasiun Gambir dan 34 KA dari Stasiun Pasar Senen.
 
 
 
Pada 21-23 Desember 2023, KAI Daop 1 Jakarta memberangkatkan sebanyak 125.247 penumpang. 52.405 penumpang di antaranya berangkat dari Stasiun Gambir dan 72.842 penumpang berangkatnya dari Stasiun Pasar Senen.


Baca juga: Lima ide untuk pohon Natal alternatif di rumah
Baca juga: Sebanyak 751 pemudik gratis berangkat dari Terminal Kampung Rambutan
Baca juga: Pengelola Terminal Kalideres lakukan tes urine kepada para supir bus

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023