pos pengamanan itu beroperasi 24 jam yang didirikan di sejumlah titik di kawasan wisata itu
Nusa Dua, Bali (ANTARA) - BUMN PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) mendirikan 13 pos pengamanan serangkaian libur panjang Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di kawasan the Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

General Manager the Nusa Dua, I Gusti Ngurah Ardita di Denpasar, Sabtu, menjelaskan pos pengamanan itu beroperasi 24 jam yang didirikan di sejumlah titik di kawasan wisata itu.

Selain itu, ada juga pusat informasi wisatawan atau Posko Layanan Natal dan Tahun Baru yang berlokasi di Bale Kulkul the Nusa Dua dengan pelayanan mulai 23 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024.

Pos pengamanan itu diharapkan memastikan keamanan dan pelayanan optimal bagi wisatawan dan pengunjung di kawasan mewah seluas total 350 hektare yang dikelola iTDC.

Sementara itu, menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, sejumlah hotel bintang lima di kawasan elit itu mengadakan program menyemarakkan hari khusus satu tahun sekali tersebut.

Sejumlah hotel mewah itu mengadakan perayaan malam akhir tahun dan hitung mundur memasuki tahun baru 2024.

Baca juga: ITDC perpanjang operasional Nusa Dua saat malam tahun baru 

Baca juga: ITDC tawarkan restrukturisasi kewajiban hotel di Nusa Dua Bali

Sedangkan pusat perbelanjaan, Bali Collection di kawasan itu juga mengadakan agenda malam tahun baru menampilkan kesenian tari Jegog, penampilan musik dan penawaran belanja tengah malam.

Pihaknya memperpanjang waktu operasional di antaranya pusat perbelanjaan itu yang waktunya ditambah dari pukul 22.00 Wita dan saat malam tahun baru sampai pukul 01.00 Wita

Para penyewa usaha (tenant) di kawasan itu, kata dia, juga dapat mengadakan kegiatan menyambut tahun baru 2024 hingga pukul 01.00 Wita.

Sebagai gambaran kawasan mewah itu memiliki tiga pintu keluar masuk atau tiga pos pemeriksaan yakni di Jalan Nusa Dua atau sisi barat, Jalan Pratama Tanjung Benoa di sisi utara dan di sisi selatan di Jalan Nusa Dua.

Semenntara itu, fasilitas keamanan di the Nusa Dua terdiri dari petugas keamanan dengan 93 personel, pos komando di Command Center, dua unit pemadam kebakaran dengan 23 personel, CCTV sebanyak 143 unit yang tersebar di 39 titik kawasan elite itu.

Kemudian, tiga pos Balawista di kawasan pantai beach front hotel, tiga pos pemeriksaan atau pintu masuk kawasan serta pusat komando sebagai posko pengamanan terpadu kawasan.

Baca juga: ITDC anggarkan Rp40 miliar peremajaan kawasan the Nusa Dua Bali 2024

Baca juga: ITDC bangun jaringan air bersih dan pipa gas alam


 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023