Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan bahwa banyak pihak yang khawatir mengenai kemampuannya dalam debat Pilpres 2024 pada Jumat (22/12) malam.

"Mungkin banyak yang waswas takut saya debat, bapak ibu di panggung itu orang dari tiga kontestan kemarin malam yang pernah ikut debat KPU cuma saya, sebagai wali kota," kata dia saat menghadiri acara Natal DPD Partai Golkar Sulawesi Utara di Manado sebagaimana keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu menjelaskan bahwa dirinya telah memahami format debat dalam pemilihan umum berkat pengalaman sebagai Wali Kota Surakarta.

"Saya sudah ngerti formatnya, sudah ngerti triknya, cara menyanggah, ngerti cara menjawab, dan ngerti cara bertanya," ujar dia.

Meski demikian, dia juga meminta kepada seluruh pendukungnya untuk tidak terbuai dengan berbagai hasil survei yang memosisikan elektabilitas Prabowo-Gibran berada di atas 45—50 persen.

"Jangan terbuai, jangan terlena dengan hasil-hasil survei yang sudah di atas 50 persen, di atas 45 persen. Harus tetap kerja keras," kata Gibran.

Setelah melakukan rangkaian kampanye dengan blusukan di Pasar Induk Kramat Jati dan Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu pagi, Gibran melanjutkan perjalanan untuk berkampanye di Manado, Sulawesi Utara.

Gibran tiba di Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, sekitar pukul 17.30 WITA. Dia langsung menuju lokasi acara perayaan Natal yang diselenggarakan DPD Partai Golkar Sulawesi Utara tersebut.

Turut hadir dalam acara itu, antara lain, Ketua DPD Partai Golkar Sulawesi Utara Christiany Eugenia Paruntu dan Ketua AMPI Jerry Sambuaga.

Gibran yang masih aktif sebagai Wali Kota Surakarta itu mengambil cuti selama berkampanye di Jakarta dan Manado.

Baca juga: Kunjungi Pasar Minggu, Gibran sebut revitalisasi pasar tradisional
Baca juga: Gibran ke Pasar Induk Kramat Jati, pedagang keluhkan harga cabai rawit


Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023