Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah pengusaha yang mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md melakukan program Tebus Murah Sembako untuk warga pemukiman padat di kawasan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu.
 
Para relawan yang tergabung dalam kelompok relawan Progresif (Program Gotong Royong untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif) itu menggelar kegiatan bertajuk 'Aksi Pasar Progresif, Tebus Murah' ratusan paket sembilan bahan pokok (sembako).
 
"Kegiatan Aksi Pasar Progresif Tebus Murah dilakukan berawal dari keluhan warga masyarakat Jakarta terkait persoalan harga pangan yang meningkat belakangan ini," kata Relawan Progresif, Yuke Yurike, dalam keterangannya di Jakarta.
 
Yuke mengatakan, giat aksi pasar yang dilakukan oleh relawan Progresif pusat ini menjadi salah satu program yang diusung di antara program lainnya yang juga dilaksanakan di 38 provinsi Indonesia.
 
"Intinya kita lihat pasar tradisional, cek kondisi pasar, mulai dari harga, stok, hingga daya beli masyarakat," ujar Yuke.
 
Di pasar itu, Yuke menemui sejumlah keluhan pedagang mengenai kenaikan berbagai komoditas pangan terutama cabai, bawang, daging, dan beras. Kenaikan itu, menurutnya, menyebabkan penurunan omzet bagi pedagang.
 
"Jadi dulu warga yang bisa membeli 10 liter beras, sekarang hanya bisa beli 5 liter. Bahkan pedagang daging juga mengeluhkan sepinya pembeli, meski harga daging relatif turun," tuturnya.
 
Setelah aksi pasar, membeli macam-macam bahan pokok, paket-paket sembako di pasar, para relawan mengemasnya untuk kemudian bisa ditebus murah kepada warga Pejaten Timur, Pasar Minggu.
 
"Sebanyak 200 kupon tebus murah paket sembako disebar untuk warga di sini. Warga bisa menebusnya dengan harga Rp60 ribu dan antusiasme warga luar biasa," ujar Yuke.
 
Selain melakukan program tebus murah, Progresif juga mendorong pendampingan usaha bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan mengakseskan permodalan bagi mereka.
 
"Otomatis ketika UMKM tumbuh berkembang dapat mendongkrak perekonomian, daya beli mereka dapat membantu daya beli masyarakat," tuturnya.
 
Lebih lanjut, Yuke berharap, isu kenaikan harga komoditi pangan bisa diatasi oleh pemerintah mulai dari hulu hingga ke hilir. Sementara, kondisi tersebut coba diperbaiki oleh relawan Progresif melalui berbagai kegiatan bersifat gotong royong secara ekonomi.
 
"Relawan Progresif bergotong royong melakukan aksi kecil seperti ini untuk meringankan beban perekonomian masyarakat, terlebih pasca pandemi COVID-19," tuturnya.
 
Sementara itu, seorang warga Pejaten Timur, Suranti mengapresiasi adanya tebus murah sembako ini. Menurutnya, program tersebut cukup membantu dirinya dan warga lain di tengah kondisi ekonomi sulit saat ini, terlebih kenaikan harga bahan pokok menjelang libur Natal dan Tahun Baru 2024.
 
"Harapannya, bila Pak Ganjar-Mahfud terpilih jadi Presiden dan Wakil Presiden, harga kebutuhan pokok bisa turun dan stabil. Saat ini kebutuhan makan dan biaya sekolah anak cukup memberatkan saya dan suami yang hanya berdagang bumbu dapur di pasar," harap wanita berusia 46 tahun itu.
 
Relawan Progresif yang tergabung dari para pengusaha dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) resmi mendeklarasikan dukungannya kepada Ganjar-Mahfud di Jakarta pada Jumat (8/12)
 
Para relawan yang dikomandoi oleh pengusaha muda, Eka Sastra memberikan dukungan untuk Ganjar-Mahfud dengan tujuan mewujudkan Indonesia Lebih Baik melalui program gotong royong untuk ekonomi sejahtera dan inklusif.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023