fenomena middle income trap banyak mengancam negara-negara berkembang yang sedang berusaha membangun ekonominya.
Jakarta (ANTARA) -
Wakil Ketua Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Roy Edison Maningkas, menilai gagasan cawapres Gibran Rakabuming Raka dalam debat Piplres 2024 tentang Indonesia keluar dari perangkap negara berpendapatan menengah (middle income trap/MIT) sebagai gagasan yang tepat untuk memajukan perekonomian Indonesia.

"Ini adalah keputusan yang brilian, sehingga kita tak perlu terpaku pada sektor bisnis yang itu-itu saja. Perlu adanya gebrakan untuk dapat memajukan ekonomi di Indonesia,” kata dia dalam keterangan di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, fenomena "middle income trap" banyak mengancam negara-negara berkembang yang sedang berusaha membangun ekonominya.

Oleh karena itu, kata dia, melalui program hilirisasi yang nantinya akan dilanjutkan dan dikembangkan pasangan calon presiden Prabowo Subianto dan calon wakil presiden Gibran Rakabuming Raka merupakan cara untuk keluar dari "middle income trap".

"Jadi memang hilirisasi dijalankan jangan hanya untuk sektor ekstraktif saja. Hilirisasi tidak hanya sektor tambang saja, tapi juga hilirisasi pertanian, hilirisasi perikanan, hilirisasi digital, dan lain-lain," ujar dia.

Dia menjelaskan bahwa ada banyak sektor yang dapat memajukan sektor ekonomi Indonesia salah satunya adalah sektor ekonomi kreatif.

"Kita sama-sama tahu bahwa kita memiliki 64 juta UMKM yang menyumbang 61 persen PDB nasional. Bila ke depan kita memberikan perhatian khusus, maka akan ada belasan juta lapangan pekerjaan terbuka. Jadi ini adalah solusi real (nyata)," kata dia.

Baca juga: Pengamat: Ketiga cawapres miliki pandangan sama soal pembangunan

Baca juga: Cek Fakta, Gibran sebut pembangunan IKN berpotensi menciptakan pusat baru ekonomi hingga membuka lapangan kerja, benarkah?


Sebelumnya pada debat Pilpres 2024, Jumat (22/12), Gibran mengatakan bahwa Indonesia sebagai negara besar harus mampu keluar dari "middle income trap" dengan menaikkan nilai tambah di dalam negeri.

"Indonesia ini negara besar, kita mampu keluar dari middle income trap, kuncinya kita harus mampu menaikkan nilai tambah dalam negeri," kata Gibran saat menyampaikan visi misi dalam debat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat (22/12).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin 13 Desember 2023.

Hasil pengundian nomor urut sehari berselang menetapkan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antarcapres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga: Gibran: Pembangunan IKN akan buka titik pertumbuhan ekonomi baru
Baca juga: Ganjar ingin RI keluar dari perangkap negara berpendapatan menengah


Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023