Mari kita doakan hadirnya perdamaian umat di seluruh penjuru dunia agar Natal tidak kehilangan makna sejatinya
Manokwari (ANTARA) - Bupati Teluk Wondama Hendrik Mambor mengingatkan seluruh komponen masyarakat mewaspadai penyebaran informasi hoaks menjelang perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 seiring berlangsung pula tahapan Pemilu Serentak 2024.

"Natal kali ini bersamaan dengan tahun politik. Semua harus waspada agar tidak ada penyebaran kebencian yang merusak keharmonisan," katanya saat perayaan Natal bersama TNI/Polri dan masyarakat di Distrik Naikere, Teluk Wondama, Minggu.

Ia mengatakan perayaan Natal bagi umat Kristiani memberikan makna yang mendalam tentang arti kerukunan, persaudaraan, dan semangat, untuk melayani sesama umat manusia.

Kehidupan masyarakat Teluk Wondama yang harmonis patut dipelihara dalam berbagai situasi, kata dia, sehingga keberagaman agama, suku, ras, bahasa, dan budaya, menjadi kekayaan daerah.

“Kemajemukan masyarakat harus disikapi dengan penuh rasa syukur dan sebagai anugerah dari Tuhan yang Maha Kuasa," ucap Hendrik Mambor.

Baca juga: Pesan Natal, Wapres ajak umat Nasrani doakan perdamaian dunia

Menurut dia, pemerintah daerah (pemda) memilih Distrik Naikere sebagai lokasi perayaan Natal agar masyarakat setempat merasakan sukacita Natal, sebab distrik tersebut merupakan wilayah terpencil dan terisolir.

"Semoga Natal tahun ini benar-benar membawa sukacita, kedamaian, kebahagiaan, dan kesejahteraan bagi kita semua,“ ucap Mambor.

Sementara itu Wakil Kepala Kepolisian Resor Teluk Wondama Kompol Wilhelmus Tiwo menjelaskan lebih kurang 250 personel Polri dikerahkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

Kepolisian juga mengimbau seluruh elemen masyarakat turut berperan aktif menjaga kamtibmas agar perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 terlaksana dengan aman, lancar dan tertib.

Dalam Operasi Lilin Mansinam 2023, lanjutnya, tersedia lima pos pengamanan dan satu pos pelayanan yang tersebar pada sejumlah titik di Kota Wasior dan sekitarnya.

Pelaksanaan Operasi Lilin Mansinam 2023 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung selama 12 hari terhitung 22 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Baca juga: Polri gelar Operasi Lilin untuk pengamanan libur Natal dan tahun baru

Pewarta: Fransiskus Salu Weking
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023